Rutin Makan Ini untuk Menjaga Stamina Tubuh

stamina tubuh

LAMANRIAU.COM – Kondisi cuaca yang tidak menentu patut waspada karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan, seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala.

Namun, kamu bisa melakukan banyak cara untuk mencegah timbulnya penyakit. Salah satunya dengan menjaga pola tidur agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik.

Baca : Lima Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh

Pencegahan dari luar saja tidak cukup karena pencegahan dari dalam juga dbutuh. Caranya mudah saja, yaitu dengan memerhatikan asupan gizi dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi makanan berikut ini, stamina atau daya tahan tubuh akan terjaga.

Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, asam folat, dan potasium yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Sementara itu, untuk melancarkan pencernaan, ada enzim papain yang sekaligus berguna sebagai anti-inflamasi.

Konsumsi buah pepaya sebelum menyantap sarapan di pagi hari, akan membuat pencernaan Anda sehat. Sebab, sisa makanan pada hari sebelumnya segera terbuang sebelum melakukan aktivitas rutin seperti bekerja dan lainnya pencernaan bersih.

Apel

Siapa yang tidak suka buah apel? Selain memiliki cita rasa lezat, buah apel kaya akan antioksidan, flavanoid, dan serat yang baik untuk program diet sehat.

Kandungan antioksidan pada apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit, seperti kanker, hipertensi, jantung, dan diabetes.

Konsumsilah satu biji apel setiap hari untuk merasakan manfaatnya. Kamu bisa makan apel bersama kulitnya, asalkan sudah bersih.

Sayur-sayuran Hijau

Jangankan anak kecil, tak sedikit orang dewasa juga tidak suka mengonsumsi sayur-sayuran. Padahal sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain nutrisi, bayam dan brokoli juga mengandung vitamin C yang cukup banyak. Mengingat sayuran hijau memberikan banyak manfaat, sebaiknya konsumsi setiap hari. Ubah pola masak agar anak tidak bosan.

Bawang Putih

Aroma tidak sedap bawang putih berasal dari senyawa allicin yang berguna untuk menghancurkan bibit-bibit penyebab terjadinya infeksi. Selain itu, bumbu dapur berbau tajam ini juga ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi pengerasan pada arteri.

Masukkan irisan bawang putih ke dalam masakan setiap hari. Minum air putih yang cukup untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap akibat konsumsi bawang putih.

Ekstrak Jahe

Rempah yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai obat penghilang mual dan masuk angin. Khasiat jahe semakin bertambah ketika penelitian menemukan adanya kandungan betakaroten dan capsaicin. Kedua kandungan ini bagus untuk menambah daya tahan tubuh, mengatasi sakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Cara mengonsumsinya sangat mudah. Campurkan irisan jahe ke dalam tumisan sayur, bubur kacang hijau, atau olah menjadi minuman bandrek untuk menghangatkan tubuh.

Kacang Almond

Tidak hanya vitamin C, kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang almond juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Menariknya, vitamin E ini dapat larut secara sempurna ke dalam tubuh manusia.

Untuk mengonsumsi kacang almond, Anda tidak perlu mengolahnya sendiri. Makanan yang banyak dijual di supermarket sudah banyak dicampur dengan potongan kacang almond, seperti cokelat dan es krim.

Jeruk

Khasiat buah jeruk tidak perlu ragukan lagi. Tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga bagus untuk menambah produksi sel darah putih. Dengan demikian, tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Tidak perlu mengolah buah jeruk menjadi segelas jus. Khasiatnya bisa kamu peroleh secara otomatis hanya dengan menyantapnya begitu saja.

Cabai

Bumbu dapur ini memang memiliki cita rasa pedas. Namun, senyawa capsaicin tidak boleh anggap remeh karena dapat meningkatkan metabolisme dan berfungsi sebagai anti peradangan serta anti inflamasi.

Campurkan cabai merah pada olahan sambal atau iris lalu taburkan pada sayur. Buang biji yang ada dalamnya agar rasa pedasnya tidak terlalu menggigit lidah.

Daging ayam

Mau goreng, opor, atau jadikan sup, daging ayam selalu menjadi makanan favorit banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang lezat, sepotong daging ayam juga dapat menambah sistem imun, sehingga baik konsumsi dalam jangka panjang.

Vitamin B-6 dalam daging ayam berfungsi untuk membantu mempercepat produksi sel darah merah. Kandungan vitamin ini sangat baik untuk Anda yang mengidap penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Itulah jenis makanan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Makanan yang dapat konsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh. (lpty)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *