Beberapa Ide Menarik Buat Landscape Taman Samping

LAMANRIAU.COM – Memiliki lahan yang cukup luas menjadi bonus yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang menyukai keindahan, karena tentu banyak area yang bisa dipoles cantik.

Bila umumnya banyak penghuni rumah minimalis masa kini sibuk dengan desain taman depan dan area belakang rumah, maka bagi kamu yang memiliki lahan cukup luas, memanfaatkan sisi rumah sebagai taman samping adalah ide yang sangat menarik.

Baca : Tampil Manis dengan Kolam Minimalis

Sisi rumah bisa menjadi tempat yang sempurna untuk membuat taman kecil dengan jalan setapak, kemudian menambahkan meja kecil dan kursi untuk bersantai sewaktu-waktu. Pastinya banyak orang ingin memiliki taman samping yang lebih privat daripada taman depan yang menjadi jalur aktivitas utama tamu yang datang.

Ada banyak ide desain taman samping yang bisa digunakan untuk menciptakan area sisi rumah yang lebih indah dan natural. Tak hanya sebagai taman, biasanya sisi rumah dimanfaatkan untuk pintu kedua yang mengarah ke bagian belakang rumah. Meski begitu, membuatnya lebih indah pasti lebih menarik.

Berikut beberapa tips ide desain taman samping rumah :

Dekorasi area samping sebagai jalan penghubung

Dari pada area sempit di sisi rumah terlalu biasa dan gitu-gitu aja, buatlah jadi taman. Memiliki taman kecil memanjang di samping rumah bisa membuat perbedaan besar dalam desain rumah, apalagi jika anda meletakkan susunan batu paving untuk jalur taman.

Taman samping rumah bisa ciptakan nuansa sejuk dalam hunian. Jika kamu memiliki jendela ruangan yang mengarah tepat ke taman samping, pasti akan membuat rumah sejuk sepanjang hari. 

Tips : kamu bisa menambahkan beberapa tanaman sepanjang jalan yang mengarah ke pintu belakang atau garasi.

Buat jalan batu alam untuk ketenangan

Sisi rumah adalah tempat sempurna untuk ide landscape. Dengan menambahkan jalan batu alam dan berbagai pilihan tanaman yang cantik, akan benar-benar memandu sepanjang jalan taman. Kamu bisa mendesain taman samping seasri mungkin, ingin menambahkan batu alam yang memenuhi jalan taman, atau menyusunnya seperti jalan setapak dengan bentuk unik, pilihlah tatanan yang sesuai selera. 

Pada lain sisi, tidak semua orang menginginkan kebun yang penuhi banyak tanaman yang membutuhkan banyak air atau tanah, sehingga membutuhkan pemeliharaan yang cukup merepotkan.

Selain sebagai jalan setapak, anda juga bisa melapisi area tanah taman minimalis dengan batu alam. Hal ini bermanfaat untuk menjebak kelembaban tanah dan tetap menjaga tanaman sekitarnya tetap terhidrasi.

Tips : Untuk jalan taman, anda bisa membatasi area jalur batu alam – jika menggunakan kerikil, dengan batu bata untuk tampilan estetika yang bagus. Kamu bisa menanam tanaman hias maupun tanaman sayur seperti tomat, timun, selada, dan sebagainya. Cocok sekali aplikasikan jika jalan taman mengarah ke dapur. 

Jika ingin tampil unik, kamu bisa membuat pola geometris pada jalan taman. Kamu bisa mengatur tanaman dalam barisan sekitar paving untuk tampilan lebih seragam.

Paving bisa letakkan pada hampir semua pola geometris untuk membuat jenis simetris versi kamu sendiri. Sedangkan tanaman bisa ditambahkan pada dalam pot sepanjang sisi taman, menggantung pada jendela atau langsung pada tanam di tanah. 

Pastikan taman teduh dan fungsional 

Manfaatkan setiap tempat pada area rumah. Jika sebelumnya jalur taman bisa arahkan ke dapur atau garasi, maka kamu bisa juga mengarahkan jalur taman langsung ke tempat untuk bersantai, apalagi pada bawah pohon rindang sisi rumah.

Kamu bisa membuat kebun kecil dengan menanam beberapa sayur yang dibutuhkan untuk dapur. Jika ingin lebih menarik lagi, bisa menanaminya dengan berbagai tanaman lain. Bahkan jika memiliki area samping rumah yang dekat dengan jalan, tidak ada salahnya juga menghias taman kecil dengan paving dan tempat bersantai pada ujung.

Tips : Jalan taman tidak hanya berbentuk lurus untuk berjalan di tengah taman saja. Kamu bisa menambahkan beberapa celah untuk membedakan jenis tanaman, atau membatasinya dengan pagar kecil agar tanaman tidak terganggu oleh binatang peliharaan dan anak-anak. 

Jika taman samping berada dekat jalan raya, kamu bisa menambahkan pagar bambu atau pagar tanaman yang cukup rendah untuk membatasi ruang privasi antara taman dan jalan. Lalu, bersantailah dengan nikmat sambil mendengar hilir mudik kendaraan yang lewat. 

Tampil cantik dengan bentuk melengkung

Pecinta seni dan dekorasi, pasti menyukai hal satu ini. Tak semua desain taman samping didesain simple dengan jalan taman lurus berpaving. Anda bisa mendesainnya lebih cantik dan unik dengan bentuk melengkung. Bentuk kurva melengkung pada beberapa bagian taman samping adalah cara yang baik untuk menggambarkan ide landscape sempurna ini. 

Tips : Tidak hanya jalan taman yang melengkung pada sisi rumah, buatlah juga lekukan pada area tanaman yang dipenuhi bunga dan tanaman hias yang indah. Tambahkan beberapa ruang taman samping untuk menanam bumbu favorit di dapur yang kerap dibutuhkan.  

Jalan taman samping dengan bentuk melengkung tidak hanya bisa dibuat dari cor-coran semen saja, tetapi anda bisa menggunakan paving atau kerikil untuk mendapatkan hasil yang serupa. 

Aplikasikan paving unik dan sederhana

Kadang, menjaga landscape taman samping rumah anda sesederhana mungkin adalah pilihan terbaik. Dengan menjaga segala sesuatunya sederhana, kamu akan menemukan taman samping dan jalan setapak yang jauh lebih mudah dirawat, tetap indah dan santai. 

Kamu tetap bisa membuat taman samping diantara bangunan lain seperti garasi atau gudang. Agar tidak monoton, tambahkan tanaman bunga agar taman minimalis pada tengah bangunan tampak berwarna.

Tips : Tambahkan beberapa paving lucu untuk membuat jalan setapak. Membiarkan taman luas terbuka dan menambahkan beberapa pohon kecil dan tanaman bunga akan menjadikan taman sederhana anda lebih asri dan indah. Kamu bisa menambahkan pintu taman sebagai pintu gerbang ke taman.

Itulah tips sederhana mendesain taman samping dari berbagai kondisi yang bisa dicoba. Memang masih banyak ide landscape yang jumlahnya pasti tidak terbatas.

Hal yang cenderung membatasi ide untuk meningkatkan dekorasi taman adalah imajinasi dan budget. Meski begitu, mulailah untuk menciptakan desain taman sederhana. Tetapi jika membutuhkan ide lain, kamu bisa menyewa jasa dekorasi taman yang sesuai daerah kamu. (rku)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *