Tekno  

Benarkah WhatsApp akan Menghilang Selamanya?

whatsapp

LAMANRIAU.COM – Bersiaplah untuk menghadapinya, WhatsApp akan menghilang selamanya. Artinya, aplikasi pesan instan milik Facebook itu menginformasikan bahwa smartphone yang menjalankan sistem operasi (OS) lawas Android 4.0.4 dan iOS 9, atau bahkan yang lebih lama dari dua versi tersebut tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp pada 1 November 2021.

“WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi 4.0.4 dan iOS 9, atau yang lebih lama pada tanggal 1 November 2021. Silakan mengganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut,” demikian keterangan WhatsApp, melalui situs resminya, Rabu 25 Agustus 2021.

Baca : WhatsApp akan Lakukan Pembaruan Kebijakan Privasi

Usia dua sistem operasi itu memang sudah lebih dari lima tahun. Sebagai informasi, Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada 2011, sementara iOS 9 diluncurkan Apple pada 2015.

Selain itu, WhatsApp masih bisa pada smartphone Android 4.1 (Jelly Bean) atau di atasnya yang bisa menerima SMS atau panggilan selama proses verifikasi. “Kami menawarkan batasan dukungan untuk tablet Android dengan SIM card aktif. Kami juga tidak mendukung tablet yang hanya bergantung pada koneksi WiFi,” ungkap WhatsApp.

Sedangkan pengguna iPhone minimal harus memperbarui iPhone-nya ke iOS 10 keatasnya. Berikut adalah daftar ponsel pintar atau smartphone yang tidak bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp karena menggunakan sistem operasi lawas:

Android

Samsung Galaxy Core, Galaxy Ace 2, Galaxy S2, Galaxy Trend Lite, Galaxy S, Sony Xperia Mio, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S, Huawei Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, LG Optimus L5, Optimus 4X HD, Optimus L7, Nitro HD, Alcatel One Touch Evo 7, HTC Thunderbolt, Motorola Droid X, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE.

Kemudian, apabila smartphone tidak masuk dalam daftar tapi belum mengetahui versi sistem operasi yang digunakan, bisa cek secara manual. Pada perangkat Android, cara cek versi OS Android bisa dengan mengakses menu Setting/Pengaturan > General/Umum > About/Mengenai.

Informasi sistem operasi biasanya terletak pada bagian bawah. Karena, antarmuka (UI) masing-masin ponsel Android berbeda, maka kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda pula.

Sementara untuk perangkat iPhone, bisa lakukan dengan cara buka menu Setting/Pengaturan > About Phone/Tentang Ponsel. Informasi versi sistem operasi biasanya ada pada bagian bawah. Jika ternyata perangkat masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Khusus untuk pengguna iPhone ke atas, Apple mengumumkan bahwa tiga model tersebut akan bisa mendapatkan pembaruan iOS 15. Jadi, jika pengguna iPhone SE, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus masih menjalankan iOS versi lama, sebaiknya segera memperbarui iOS ke versi terbaru. (viv)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *