Tetap Sejuk di Lahan yang Sempit

lahan sempit

LAMANRIAU.COM – Lahan kian sempit, hunian pun terkena dampaknya. Jika sudah begini, pemilik rumah harus pintar-pintar mengakali huniannya pada lahan terbatas tersebut. Tidak hanya cerdas mengatur ruang dalam rumah, tetapi juga bagian luar rumah.

Agar suasana segar tetap terasa sampai ke dalam, kamu bisa buat taman kecil depan rumah. Bisa mulai dengan memperhatikan lahan yang masih tersisa. Lalu, mulai dengan meletakkan beberapa tanaman, bunga, dan jika masih tersisa bisa tambahkan ornamen seperti kursi.

Baca : Yuk! Manfaatkan Halaman Rumah untuk Bertanam Anggur

Berkonsep minimalis

Tak hanya rumah yang bisa berdesain minimalis, taman pun juga bisa. Ini menjadi inspirasi pertama untuk kamu yang bertempat tinggal pada hunian berukuran mungil, tetapi ingin memiliki suasana sejuk. Buatlah taman kecil depan rumah minimalis.

Cukup tempatkan rumput, beberapa tanaman, dan satu pohon. Untuk pemanis, bisa tambah dengan balok-balok sebagai injakan kaki atas rumput. Taman pun tak harus berbentuk lurus atau persegi, bisa sesuaikan dengan sisa lahan yang ada. Justru bentuk yang tak teratur menjadi aksen tersendiri.

Sekaligus area duduk santai

Taman merupakan ruang bersantai yang esensinya berguna untuk penghilang stres dan pereda penat. Untuk itu, sudah seyogianya tersedia bangku atau kursi taman. Pemilik hunian bisa menambahkan bangku taman dari kayu untuk taman kecil depan rumah. Bangkunya bisa saja dibuat menggantung agar taman tak terlihat terlalu sempit.

Tetap Sejuk

Kamu bisa membawa suasana taman kecil depan rumah yang sejuk. Hanya membutuhkan batu koral warna putih, semak-semak, tanaman rambat dan bisa tambah dengan pohon bambu untuk menambahkan kesan menarik. Gaya taman ini bisa terapkan pada taman kecil karena elemen-elemennya yang sangat sederhana.

Dekat area pintu masuk

Rasanya sulit sekali menghadirkan taman rumah yang mungil? Sudah cek seluruh area? Coba tengok area depan pintu masuk. Area mungil tersebut masih mungkin kok jadikan sebagai taman kecil. Selain dengan menanami rumput, bisa dengan meletakkan beberapa tanaman dalam pot kecil.

Jangan lupa, manfaatkan area tembok luar rumah. Kamu bisa hiasi dengan vertikal garden biar taman makin asri.

Bila lahan kosong tak tersedia, maka manfaatkan teras rumah. Pasalnya, tak ada aturan taman harus selalu berada pada area terbuka. Teras rumah yang beratap dan berlantai pun bisa disulap menjadi taman kecil.

Caranya bukan dengan membongkar lantai teras supaya bisa menanam rumput dan bunga-bunga, melainkan dengan meletakkan pot-pot saja. Bisa atur posisinya agar pot tanaman tidak mengganggu area jalan menuju pintu masuk. Jangan lupa pula untuk memangkas tanaman yang sudah lebat agar tidak mengganggu pemandangan.

Bak taman

Kamu juga bisa membuat bak taman kecil depan rumah. Tak perlu banyak ornamen atau elemen yang ditonjolkan, murni hanya tanaman saja dengan berbagai warna bunga dan daun. Dengan posisinya depan rumah, pemilik hunian jadi mudah melakukan perawatan, baik penyiraman maupun dalam hal penerimaan sinar matahari. (ACY)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *