Simple dan Praktis, Menanam Bunga Begonia Polkadot

begonia polkadot

LAMANRIAU.COM – Begonia Polkadot merupakan tanaman hias yang memiliki bunga indah berwarna cerah. Bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang layak kamu pertimbangkan untuk menghiasi rumah.

Baca : Membuat Daun Alokasia Lebih Memesona

Selain warnanya yang indah, ternyata bunga begonia polkadot termasuk tanaman hias yang mudah untuk kamu tanam sekitar rumah.

Ada dua cara untuk menanam tanaman hias ini, yakni melalui bibit melalui umbi. Proses menanam bunga begonia polkadot melalui bibit hampir sama dengan cara menanam biji-biji tanaman lainnya. Namun, dari biji kurang baik karena pertumbuhannya yang sangat lama.

Dengan demikian, salah satu pilihan yang tepat untuk menanam bunga begonia polkadot adalah dengan menanamnya melalui umbi. Ada pun tahapannya;

Persiapan

Pertama, persiapkan bibit bunga begonia polkadot yang baik. Bunga begonia ini terdiri dari beberapa jenis, maka sebaiknya kamu mengetahui apa jenis begonia mana yang ingin kamu tanam. Umbi tanaman bisa kamu dapatkan melalui petani tanaman hias terdekat. Saat membeli, pastikan umbi tersebut memiliki kondisi yang bagus.

Selain menyiapkan umbi yang bagus, kamu juga perlu mengetahui beberap hal antara lain; pelajari karakteristik bunga begonia yang ingin kamu tanam, supaya nanti lebih mudah dalam menanamnya. Secara umum, bunga begonia tidak menyukai kondisi cuaca yang terlalu dingin. Waktu yang tepat untuk menanam adalah saat awal musim panas.

Lokasi Tanam

Lokasi tanam menjadi salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan dalam menanam bunga begonia. Dengan menanamnya pada lokasi yang tepat, maka kemungkinan untuk tumbuh maksimal akan semakin besar.

Untuk itu, berikut hal-hal yang harus kamu ketahui dalam menentukan lokasi tanamnya:

  • Pilihlah lokasi yang bebas dan bersih dari berbagai macam kotoran serta jauh dari jangkauan hewan
  • Pastikan kondisi lokasi tanam cukup sejuk, namun tidak terlalu lembap
  • Suhu yang baik untuk lokasi tanamnya sekitar 23℃ hingga 25℃
  • Tempatkan bunga begonia pada bagian rumah yang ingin kamu hias. Misalnya teras rumah, halaman rumah, atau ruangan yang tidak terlalu tertutup
  • Jangan tempatkan begonia pada tempat yang tidak beratap, sebab umbinya bisa membusuk apabila terkena hujan

Menanam

Bunga begonia polkadot termasuk dalam jenis tanaman hias yang tidak terlalu menyukai media tanam tanah. Dengan demikian, kamu harus mengganti media tanah dengan media tanam lainnya. Media tanam yang cocok untuk bunga begonia adalah peat moss, sekam bakar atau kompos. Bunga begonia juga menyukai media tanam dengan drainase yang baik.

Berikut persiapan media tanamanya:

Pilih media tanam yang diinginkan. Baik itu peat moss, sekam bakar, atau kompos

  1. Gunakan pot berukuran sedang, tidak perlu terlalu besar
  2. Masukkan media tanam ke dalam pot
  3. Lubangi media tanam dengan ukuran lebih besar daripada umbi bunga begonia
  4. Sebagai permulaan, sebaiknya satu pot hanya diisi dengan satu umbi saja
  5. Setelah itu tutup kembali lubang dengan media tanam yang ada dalam pot

Cara Merawat

Setelah menyelesaikan cara menanam bunga begonia, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara merawat yang benar. Langkah-langkah yang harus lakukan adalah, siram ala kadarnya menggunakan alat penyiram (sprayer) dan jangan sampai ada genangan air, lakukan penyiraman secara rutin.

Lakukan pengecekan berkala untuk memantau ada atau tidaknya gulma yang mengganggu, segera potong bagian bunga begonia yang layu. Apabila terserang hama, segera atasi dengan obat hama sesuai dengan jenis hama yang menyerang. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *