Partai Umat Pasang Target 5 Besar di Pemilu 2024

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Partai Ummat besutan Amien Rais fokus mengincar target lima besar dalam Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi.

“Optimis. Bahkan kami, yang namanya target kuantifikasi optimisme kami insyallah berharap 3-5 besar masuk,” kata Ridho, Sabtu 9 Oktober 2021. 

Guna mencapai target itu, Ridho mengaku pihaknya fokus mengejar pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z bawah usia 40 tahun. Ia merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut data pemilih di usia tersebut mencapai 60 persen.

Sedangkan, 40 persen sisanya merupakan pemilih atas usia 40 tahun. Terlebih, katanya, pemilih usia tersebut umumnya telah memiliki preferensi politik yang tetap dan oleh karenanya sulit masuk menjadi basis pemilih Partai Ummat.

“Karena yang 40 tahun ke atas biasanya punya preferensi politik, sudah punya awareness, kemarin juga di-pubish, ada namanya electoral volatility,” katanya.

Menantu Amien Rais itu turut merujuk Indeks Pedersen pada Pemilu 2019 yang disebut paling rendah. Indeks Pedersen biasanya digunakan untuk mengukur kemungkinan elektoral berpindah pilihan partai.

Dengan data itu, lanjut Ridho, pihaknya karena itu akan lebih fokus mencari basis elektoral di kalangan milenial di bawah 40 tahun. Sementara untuk basis elektoral di atas usia 40 tahun, pihaknya akan memanfaatkan para loyalis Amien Rais.

“Sebagai partai baru narasinya juga kami harus baru. Itu lebih ideal melihat atau menggarap, ceruk yang di 47 persen tadi. Yaitu loyalis Amien Rais, atau yang juga orang-orang yang sudah punya preferensi politik,” tutupnya. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *