Saat Wartawan dan Petugas Rutan Bersaing Mencari Ikan ‘Berpita’

Foto bersama usai Coffee Morning dan Mancing Bareng Rutan Kelas I Pekanbaru dengan awak media.

Kolam ikan milik Rutan Kelas I Pekanbaru menjadi ‘idola’ pagi itu. Puluhan awak media bersama Kepala Rutan beserta jajaran petugas Rutan beradu skill dan keberuntungan, memancing ikan patin yang telah ditebar sebelumnya. Selain saling berkompetisi mendapatkan ikan yang banyak, para peserta mancing mania ini juga bersaing mencari ikan patin ‘berpita’ yang konon berukuran jumbo.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pagi yang cerah di Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Sabtu 23 Oktober 2021, secerah senyuman puluhan wartawan yang berbaur bersama di sebuah kolam ikan berukuran sekitar 30×20 meter. Kolam yang berada tepat di samping bangunan Rutan Kelas I Pekanbaru ini menjadi lokasi mancing bersama sekaligus silaturahmi antara awak media dengan Kepala Rutan dan jajaran.

Sesekali teriakan diselingi tawa bahagia terdengar dari para awak media maupun petugas Rutan yang berhasil ‘strike’. Tak ayal, lirikan mata pemancing lain mengarah ke mata pancing yang disambar ikan. Apalagi jika ikan yang ‘menyangkut’ berukuran agak besar.

“Ada ‘pitanya’ nggak? Kalau ada, lumayan tuh dapat doorprize,” ungkap salah seorang wartawan media siber kepada peserta memancing yang berhasil mengangkat ikan patin dengan ukuran lumayan besar.

“Sepertinya belum. Ayo coba lagi, siapa tau ada yang beruntung,” celetuk Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, M Lukman, yang memandu jalannya kegiatan.

Ikan patin ‘berpita’ seketika menjadi perbincangan hangat di lokasi pemancingan. Hal ini setelah Kepala Rutan M Lukman mengatakan akan memberikan hadiah istimewa berupa uang tunai kepada mereka yang bisa mendapatkannya. “Ada hadiah istimewa bagi siapa saja yang bisa mendapatkannya. Tadi kami ada masukkan dua ekor yang ukuran besar ini, ikan itu berpita,” ucap Kepala Rutan dalam sambutannya sesaat sebelum dimulainya acara.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru M Lukman ikut serta mancing ikan bersama wartawan.

Alhasil, puluhan peserta mancing bersemangat melemparkan umpan ke dalam kolam, berharap dapat ‘menjerat’ ikan ‘berpita’ ini. “Biarlah tak mendapatkan banyak, asal dapat yang ‘berpita’ jadilah,” gurau salah seorang peserta sembari tertawa.

Namun tak sedikit pula peserta yang meragukan adanya ikan ‘berpita’ ini. “Entah ada atau tidak ikan (berpita) itu, yang jelas kita pancing saja ikan sebanyak-banyaknya, lumayan bisa dimasak di rumah,” tukas Ari, wartawan media online yang cukup handal mengail ikan.

Apa yang dikatakan Ari bisa saja benar, sebab hingga di akhir acara, ikan patin ‘berpita’ yang dimaksud ternyata tak kunjung tertangkap. Bahkan sang Kepala Rutan yang penasaran ikut serta di kelompok kedua, harus kecewa karena tak satu pun ikan berhasil diangkatnya.

“Biarlah, saya termasuk golongan orang yang tak beruntung, sudah berpanas-panas tapi tak ada ikan yang tertangkap, yang penting kebersamaan antara kita telah tercipta,” ucap M Lukman yang disambut tepuk tangan awak media.

Mempererat Sinergitas

Kepala Rutan sendiri mengungkapkan rasa bahagia dengan terlaksananya silaturahmi yang dibungkus dalam Coffee Morning dan Mancing Bareng bersama teman media Rutan Kelas I Pekanbaru.

“Kegiatan ini bentuk mempererat sinergitas sekaligus menjalin silaturahmi dengan rekan-rekan media yang ada di Pekanbaru,” ucap Kepala Rutan, M Lukman, usai kegiatan.

M Lukman juga sangat mengapresiasi antusiasnya rekan-rekan media yang berpartisipasi dalam kegiatan lomba ini. “Bukan masalah apa dan bagaimana jalannya perlombaan. Kita ingin dengan kegiatan ini semakin mempererat hubungan antara wartawan dan jajaran pegawai Rutan Kelas I Sialang Bungkuk yang telah terjalin secara baik selama ini,” tuturnya.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru M Lukman memberi sambutan saat Coffee Morning bersama awak media.

Menurut Kepala Rutan, kegiatan ini sebenarnya sudah lama direncanakan, namun baru bisa terlaksana karena terkendala situasi pandemi Covid-19.  Namun dengan segala macam keterbatasan, pihaknya terus berupaya mencoba untuk bisa menjalin komunikasi yang baik selama ini dengan rekan media, dengan kontak langsung, atau melalui grup Whatsapp.

“Saya berharap hubungan kebersamaan dan silaturahmi yang sudah terbangun ini dapat lebih meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik,” tegas Lukman.

Selain rekan media, kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran pegawai Rutan dan beberapa warga binaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kegiatan ini tidak hanya dengan media tapi juga dengan warga binaan,” ujarnya.

Lukman berharap kegiatan seperti ini nantinya akan rutin digelar, supaya tetap terjalin kerjasama yang baik antara rekan media dan jajaran pegawai Rutan Kelas I Pekanbaru.

Selain menggelar mancing bersama, Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru M Lukman juga membuat ‘games’ hiburan. Ia memberikan pertanyaannya seputar Rutan Kelas I Pekanbaru dan Kemenkumham RI kepada rekan-rekan media. Kepada mereka yang berhasil menjawab, langsung diberikan hadiah uang tunai. Tak hanya itu, juga ada doorprize berupa bingkisan kepada sejumlah rekan media yang beruntung tercabut nomor urutnya. (wyu)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *