Sosial  

Ikut Donor Darah di Legal Expo, Karutan: Satu Tetes Darah Dapat Menyelamatkan

Karutan Kelas I Pekanbaru M Lukman ikut donor darah saat kegiatan Legal Expo di Mall SKA.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau diisi dengan berbagai aksi sosial. Tak hanya tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), namun juga kegiatan donor darah.

Aksi sosial donor darah ini digelar beberapa waktu lalu di Atrium Mall SKA Pekanbaru. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian dari acara Legal Expo 2021 yang berlangsung dua hari berturut-turut, 25-26 Oktober 2021 lalu.

Kegiatan donor darah kali ini diikuti oleh jajaran pegawai dan staf Kanwil Kemenkumham Riau. Salah satu diantaranya adalah Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, M Lukman. Bahkan ia terlihat antusias ikut serta menyumbangkan darahnya.

Menurut Karutan Pekanbaru, donor darah merupakan wujud kepedulian terhadap sesama. Pasalnya, setitik darah dapat menyelamatkan nyawa sesama manusia. “Satu tetes darah dapat menyelamatkan saudara kita yang membutuhkan,” ujar Karutan, saat dikonfirmasi Jumat (28/10/2021).

Selain itu, donor darah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan membantu penurunan berat tubuh. “Serta mendapatkan kesehatan psikologis serta mendeteksi penyakit serius,” tambah Lukman.

Lukman mengaku menyambut baik kegiatan Legal Expo yang dilaksanakan di Mall SKA Pekanbaru ini. Menurutnya acara ini berwujud pelayanan publik langsung kepada masyarakat. Sebab, beragam informasi pelayanan disediakan dalam kegiatan tersebut.

Baca: Gelar Pameran Pelayanan Publik, Kemenkumham Ingin Mewujudkan Pelayanan Kelas Dunia

Mulai dari konsultasi hukum, pelayanan komunikasi masyarakat, pelayanan keimigrasian, pelayanan pemasyarakatan, pelayanan administrasi umum, pelayanan kekayaan intelektual, talkshow hukum dan HAM, serta penyuluhan hukum ada dalam kegiatan ini.  “Bahkan dalam kegiatan ini juga ditampilkan pameran produk hasil kerajinan dari warga binaan. Semua itu, membuat semarak peringatan HDKD Tahun 2021 menjadi lebih terasa,” ucapnya.

Untuk diketahui, HDKD atau Hari Dharma Karya Dhika merupakan peringatan hari lahirnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 30 Oktober oleh seluruh jajaran pegawai Kementerian Hukum dan HAM. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *