Menanam Cabe Hias Organik dalam Pot Serta Perawatannya

Cabe hias

LAMANRIAU.COM – Cabe hias atau pelangi yang bernama asli “Bolivian Rainbow” berasal dari Amerika Selatan. Cabe ini mempunyai berbagai macam warna pada satu pohon. Warna-warnanya meliputi ungu, hijau, merah, kuning dan oranye.

Untuk jenis tanaman yang satu ini banyak ditanam hanya pada media pot serta dipakai untuk tanaman hias dalam ruangan. Bila kamu mau menanamnya pada pekarangan rumah itu pun tak jadi persoalan.

Baca : Merawat Tanaman Hias Daun, Tumbuh Subur dan Cantik

Jenis cabe ini yang banyak dibudidayakan ialah sweet orange beby yang mempunyai bentuk cukup kecil ketimbang cabai biasanya. Namun mengelembung serta mempunyai warna-warna yang cantik. Bila kamu ingin menanam salah satu jenis cabe tersebut sangat mudah sekali dan tentu bisa membuat suasana rungan atau halaman rumah menjadi lebih hidup dan menarik karena warna yang beraneka macam.

Memilih Media

Saat ingin menanam tanaman cabe pelangi/hias, tidak membutuhkan media tanam yang sulit. Sebagai media tanamnya, hanya butuh tanah gembur yang mengandung banyak unsur hara dan mineral.

Jika sekitar rumah tidak ada tanah yang gembur serta mempunyai unsur hara serta mineral sebagai kebutuhan tanaman, bisa membuatnya sendiri memakai campuran antara pasir, arang sekam, kompos atau pupuk kandang, pakis kering serta tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1: 1.

Tanah gembur atau yang sudah kamu buat tadi masukan pada pot yang mempunyai drainase cukup baik. Bukan cuma tanah saja, tanaman cabe hias pun membutuhkan cahaya matahari serta pengairan yang baik.

Pembenihan

Bibit atau benih cabe hias adalah benih yang tua serta sudah mengering bawah sinar matahari. Pada tahap ini, sebelum kamu meneybarkan bibit tersebut, yang pertama rendam lalu tebar pada media tanam yang sudah persiapkan. Setelah itu lakukan penyiraman dengan teratur dalam waktu 5 hari akan keluar kecambahnya.

Penanaman

Setelah tinggi bibit mencapai 10 cm maka sudah siap pindahkan ke dalam pot untuk diletakkan dalam ruangan ataupun pekarangan rumah. Melakukannya pun harus dengan hati-hati pada saat pemindahan agar akar dan batang tidak busuk. Letakkan tanaman pada tempat yang mendapatkan sumber matahari cukup atau tempat yang teduh namun tetap mendapatkan cahaya matahari.

Perawatan

Jika tinggi bibit atau benih tersebut sudah mencapai 10 cm, maka siap pindahkan pada media pot yang sudah tersedia dalam ruangan atau juga pada halaman rumah. Melakukannya pun harus berhati-hati supaya akar serta batang tidak rusak atau busuk. Taruh pada tampat yang mendapat sinar matahari yang baik atau tempat yang teduh tetapi tetap mendapatkan sinar matahari. Pada waktu kurang lebih 3 bulan cabe hias atau pelangi akan mulai berbuah. Selamat mencoba.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *