Ciri-ciri Orang Genius yang Jarang Diketahui. Apakah Anda Punya?

LAMAMRIAU.COM – Orang genius biasanya memiliki ciri-ciri kebiasaan yang dianggap berbeda dari orang pada umumnya. Tanpa disadari kebiasaan tersebut ternyata bisa meningkatkan daya pikir seseorang.

Pada umumnya, orang mengukur kecerdasan manusia dengan sebuah tes IQ. Namun, penilaian tes tersebut hanya untuk mengukur bakat dan kemampuan seseorang.

Seperti dirangkum detik.com dari laman healthline.com, para ahli percaya bahwa satu tes tidak dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kecerdasan karena ada beberapa jenis kecerdasan yang perlu dipertimbangkan.

Salah satu pertimbangan yang dimaksud adalah adanya beberapa kebiasaan seseorang yang dapat dihubungkan dengan tingkat pembelajaran, pemecahan masalah, dan kreativitas yang lebih tinggi.

Dalam hal ini, kebiasaan tersebut bisa dilihat dari apa yang dilakukan orang genius. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Senang menghabiskan waktu sendiri.

Dua peneliti bernama Norman P. Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science pernah mengungkapkan bahwa kerumunan membuat orang dengan IQ tinggi atau genius kurang nyaman.

Dalam penelitian yang berjudul ‘Country roads, take me home… to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness‘ tersebut, orang genius memiliki kecenderungan lebih senang untuk menghabiskan waktu sendiri.

2. Suka melamun

Jika biasanya orang melamun karena banyak yang dipikirkan, maka bagi orang genius melamun merupakan waktu untuk memberi jeda pada otak.

Sebuah studi dari University of California menemukan bahwa ketika otak diberi tugas yang banyak maka otak yang bisa beristirahat bisa menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Para peneliti menyebut fenomena ini artinya memberi ‘masa inkubasi’ pada otak. Dengan cara membiarkannya sejenak tanpa pemikiran hal-hal yang berat. Sehingga membantu meningkatkan dalam pemecahan masalah dan kreativitas.

3. Berbicara sendiri

Orang genius biasanya memiliki kemampuan analisa dalam berbagai hal kemudian tersimpan dalam pikiran. Kondisi ini membuat orang genius seringkali berbicara sendiri.

Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman kerja otak.

4. Mengakui kesalahan

Orang genius selalu menempatkan kebenaran sebagai hal yang objektif. Maka dari itu, ketika terjadi sebuah kesalahan, orang genius akan menyadari kesalahan terlebih dahulu dan mengakuinya sebagai sebuah pembelajaran.

Hal ini dikarenakan orang genius cenderung memiliki otak yang mampu memahami sudut pandang orang lain sehingga tidak takut untuk mengakuinya.

5. Suka mengkritik diri sendiri

Menurut penelitian, orang genius tidak selalu percaya diri. Sebuah studi tahun 1999 dari Cornell University, mengungkapkan bahwa orang yang tidak kompeten tidak dapat mengenali ketidakmampuannya, sehingga menyebabkan penilaian diri meningkat.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang sangat kompeten seperti orang genius cenderung meremehkan kemampuan mereka. Hal itu dikarenakan mereka tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Jadi, mereka cenderung mengkritik diri sendiri. (net)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *