Jambore Pemuda Meranti 2021 Sukses Digelar, Banyak Agenda Positif untuk Pemuda

LAMANRIAU.COM, SELAT PANJANG – Rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun 2021 diwarnai dengan pelaksanaan Jambore Pemuda Meranti yang dilaksanakan di kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau.

Momentum sumpah pemuda yang dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia saat tanggal 28 Oktober 2021 secara virtual diikuti oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan unsur Forkopimda.

Setelah agenda tersebut, DPD KNPI Kepulauan Meranti juga menghadiri peringatan yang sama dan peringatan hari ulang tahun Pemuda Pancasila (PP) yang ke-62 tahun yang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Bupati Kepulauan Meranti, Ketua DPRD Kepualuan Meranti, Kapolres dan sejumlah pejabat lainnya di kantor sekretariat PP Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara itu, DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan menghadirkan seluruh perwakilan pemuda kecamatan di satu titik yang sama di kecamatan Merbau dengan agenda Jambore Pemuda Meranti mengangkat tema Menuju Meranti Maju Cerdas dan Bermartabat.

Ketua KNPI Kecamatan Merbau Bung Azman, SH membeberkan rangkaian agenda jambore Pemuda.

“Alhamdulillah agenda jambore yang dilaksanakan di Kecamatan Merbau telah usai kita laksanakan sejak kedatangan tamu dari luar kecamatan dan kabupaten mulai hari Sabtu sampai Minggu tanggal 30 dan 31 Oktober telah sama-sama kita ikuti dengan baik,” kata Azman.

Beberapa agenda penting dalam pelaksanaan jambore yakni pembukaan dengan dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Asmar dan Wakil Ketua DPRD H. Khalid Ali, Kadisparpora Rizki Hidayat, Kapolres Meranti, Kapolsek Merbau, Camat Merbau, Camat Tasik Putri Puyu, Camat Rangsang, Camat Tebing Tinggi, BPBD, Kesbangpol, dan seluruh perwakilan kepala desa se kecamatan Merbau.

Juga Ketua dan pengurus DPD KNPI Provinsi Riau. Dengan diisi pengarahan dan sambutan yang memotivasi para pemuda Meranti untuk bergerak maju tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengurus DPK KNPI se Kabupaten Kepulauan Meranti disaksikan oleh Ketua DPD Provinsi Riau Fuad Santoso, SH. MH. Kemudian malam harinya setelah sholat isya berjamaah mengambil momen untuk peringatan hari besar Islam maulidurrasul Muhammad SAW yang diisi oleh penceramah ust. Arifin,S.pdi, M. pd.

“Dilanjutkan dengan malam keakraban silaturahmi dengan pengurus KNPI kabupaten dan provinsi serta OKP. Menjelang subuh kita laksanakan agenda sholat tahajjud dan muhasabah kemudian subuh berjamaah di masjid dan agenda jalan santai ke lokasi wisata edukasiangrove Merambai kelurahan Teluk Belitung,” sebut Ketua KNPI kecamatan Merbau yang juga Sekretaris Desa Mekar Sari  Bung Azman.

Pada lokasi ini pihaknya melaksanakan agenda penanaman mangrove bersama untuk menjaga kelestarian ekosistem demi generasi masa depan.

Ketua pelaksanaan Kambore Pemuda Meranti Niky Suhendra memberikan informasi bahwa peserta direncanakan hadir sebanyak 250 orang namun yang terdaftar hampir 200 orang.

Diantaranya mereka yang berangkat menggunakan jalur laut dengan kapal kempang rombongan dari DPD kabupaten dan KNPI yang berasal dari kecamatan Tebing Tinggi, Rangsang, Rangsang Pesisir, Rangsang Barat, Tebing Tinggi Timur, Tebing Tinggi Barat. Kemudian juga ada yang sebagian menggunakan sepeda motor dari Tasik Putri Puyu dan Pulau Merbau

“Alhamdulillah kita sangat berterima kasih kepada seluruh anggota KNPI yang ikut serta terlibat dalam mensukseskan agenda jambore pemuda ini. Semoga semangat kebersamaan kita bisa tertularkan kepada pemuda yang lainnya sehingga membawa Meranti maju cerdas dan bermartabat yang lebih baik lagi kedepannya,” terangnya.

Dalam pelaksanaan jambore pemuda Meranti ini juga didukung oleh Sinas Kesehatan yang langsung menurunkan tenaga medis untuk pelaksanaan vaksinasi.

Antusiasme tidak hanya pemuda yang ikut di acara jambore dalam mengikuti vaksinasi tapi juga masyarakat dalam mengikuti vaksinasi yang dihadiri oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Teluk Belitung.

“Terakhir agenda ditutup langsung oleh ketua DPD KNPI Provinsi Riau saat Apel Siaga Jambore dan makan siang bersama,” pungkasnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *