Hari Pertama Peparnas-XVI, Riau Rebut Dua Emas

LAMANRIAU.COM, JAYAPURA – Pelari kontingen Riau, Tiwa, sukses meraih medali emas nomor lari 1500 meter kategori T20 putri di arena atletik Pekan Paralimpik Nasional, (Peparnas) XVI tahun 2021 yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu 6 November 2021 sore.

Tiwa pada saat final mampu finis pertama setelah mendahului pesaingnya Marti Natonis 25 meter jelang finis dengan membuat catatan waktu 5 menit 40,58 detik. Natonis sendiri harus puas membawa pulang medali perak setelah finis dengan waktu 5 menit 40,90 detik. Diikuti rekan sedaerahnya Stefani Rini finis ketiga mencatat waktu 6 menit 09,43 detik.

“Lawan untuk Peparnas kali ini sangat berat, ini berbeda dengan tahun 2016 di Jawa Barat. Namun saya tidak mau kalah pada detik terakhir berupaya mengejar Nartunis yang sempat memimpin,” ungkap Tiwa.

Keberhasilan Tiwa menyabet medali emas pada hari pertama cabang olahraga atletik Peparnas 2021 mengikuti jejak atlet NPC Riau lainnya, Nasib, yang pada pagi hari mempersembahkan medali emas perdana untuk Kontingen Bumi Lancang Kuning saat turun pada nomor andalannya Lompat Tinggi.

Turun pada laga final kategori T43 dan T44 bersaing dengan 5 peserta lainnya, Nasib membuka penampilan dengan loncatan setinggi 160 Cm.

Loncatan pertama ini menjadi anti klimaks karena Nasib pada percobaan berikutnya loncatan kedua tidak berhasil pada ketinggian 145 Cm dan 154 Cm dari 3 kali lompatan.

“Alhamdulilah akhirnya saya berhasil merebut emas pertama buat Riau. Dan diakui prestasi ini tak lepas atas bimbingan pelatih, dukungan ketua NPC Riau dan doa seluruh masyarakat Riau,” kata Nasib dengan tidak menutup rasa gembiranya.

Pelatih Atletik NPC Riau Martin Losu menyatakan puas atas prestasi yang diraih atlet asuhannya pada hari pertama cabang olahraga atletik Peparnas XVI Papua.

“Puji Syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang mengabulkan doa kita untuk bisa menyabet medali emas, dan sudah pasti hasil latihan maksimal selama tidak akan ingkar pasti membuahkan torehan prestasi,” aku Martin Losu.

Dengan hasil itu diakui Martin semakin optimis dari arena atletik atlet Riau akan bisa menggapai target yang diharapkan. “Dengan seizin Tuhan, mudah-mudahan target 7 medali emas bisa tercapai,” tutup Martin. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *