Curah Hujan Meningkat Dampak dari La Nina

curah hujan

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan dampak dari fenomena La Nina pada bulan November 2021 hingga Februari 2022 pada sebagian besar wilayah tanah air. Hal itu dapat memicu terjadinya peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan dari 20 persen hingga 70 persen.

Melihat adanya fenomena La Nina yang dapat memicu terjadinya bencana itu, BNPB telah beberapa kali mengingatkan dan memberikan imbauan kepada pemangku kebijakan agar mengambil langkah pencegahan, mitigasi, meningkatkan kapasitas dan mengantisipasi sehingga dampak risiko bencana dapat dicegah dan dikurangi.

“BNPB sejak dari awal telah mengingatkan para BPBD untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana hidrometeorologi basah dengan mitigasi, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Kita harus siaga terus,” kata Ganip, kemarin.

Baca : Pemprov Riau Bersiaga Antisipasi Ancaman La Nina

Ganip menambahkan bahwa apa yang telah Ia sampaikan tersebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Bahwa dalam menghadapi bencana yang paling penting adalah mitigasi dan pencegahan. Dua hal itu dapat lakukan melalui sinergitas berbagai komponen baik dari pemerintah, komunitas, akademisi, dunia usaha hingga media massa, atau yang d isebut ‘Pentaheliks,.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Dalam menghadapi bencana yang penting yang utama adalah pencegahan atau mitigasi,” jelas Ganip.

“Unsur pentaheliks harus terus bersinergi dan berkolaborasi dalam penanggulangan bencana baik pada pra bencana, saat bencana maupun paskabencana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam upaya penanganan darurat seperti pemerintah Kabupaten Sintang beserta unsur Forkopimda. Maka Ganip memberi arahan agar upaya penyelamatan korban menjadi hal yang harus diutamakan kemudian pemenuhan kebutuhan dasar hidup masyarakat.

“Yang penting adalah penyelamatan korban. Masyarakat, nyawa yang utamakan. Kemudian kebutuhan dasar yang utamakan,” kata Ganip. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *