Tiga Warganya Hilang Berlayar, Kades Pelantai Meranti Lapor ke Polairud Jambi

Berkas aduan Kades Pelantai
Kades Pelantai Khairi menyerahkan laporan kehilangan warganya dalam pelayaran di Polairud Jambi.

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Kepala Desa Pelantai, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Khairi mengadukan perihal tiga warganya yang hilang berlayar bersama KM Raffa Sahira, ke DitPolairud Polda Jambi.

Ketiga warganya tersebut berlayar dari Sei Lokan, Provinsi Jambi, menuju Sei Guntung, Kabupaten Inhil, sejak 5 Desember 2020 lalu, hingga saat ini tidak ditemukan.

Kades Pelantai, Khairi, didampingi Penasehat Hukum, Afrizal Rahman SH MH mengatakan, pengaduan ini telah ditindaklanjuti Ditpolairud Polda Jambi, dengan memanggil Nakhoda Kapal KM Raffa Sahira, M Akil alias Likek untuk dilakukan klarifikasi, Senin 8 November 2021.

Khairi menjelaskan M Akil alias Likek sebelumnya berlayar bersama tiga ABK yang merupakan warga Desa Pelantai, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Namun M Akil disebut ditemukan di tengah laut Pulau Lang Tiga, sementara tiga ABK beserta KM Raffa Sahira, hingga saat ini tidak ditemukan. Tiga ABK yang hilang tersebut yakni Azni, Sudirman Efendi dan Arifin.

Dalam aduannya ke Ditpolairud Polda Jambi, Kades Khairi, juga mengungkapkan sejumlah kejanggalan atas hilangnya KM Raffa Sahira beserta tiga ABKnya tersebut.

Di antaranya, sesuai berkas KM Raffa Sahira yang disampai Achmad Yani Pos Kesyahbandaran Sei Lokan, melalui staf, diketahui mulai dari permohonan hingga Surat Perserujuan Berlayar diterbitkan ditanggal yang sama, yakni 5 Desember 2020.

Sementara kapal KM Raffa Sahira berangkat pukul 05.00 WIB. Sehingga diduga SPB terbit tanpa adanya pemeriksaan terhadap kapal terlebih dulu, sesuai yang diamanatkan UU Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Selain itu, tanda tangan M Akil Alias Likek, nakhoda KM Raffa Sahira, pada berkas-berkas yang ditunjukkan melalui staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Nipah Panjang, berbeda, serta tidak dilengkapi dengan cap atau stempel KM Raffa Sahira.

Dan dalam berkas SPB KM Raffa Sahira tidak dicantum nomor Sertifikat Kecakapan (SKK) Nakhoda an Muhammad Akil Als Likek.

Kejanggalan lainnya, tanggal 7 Desember 2020, Asiong, selaku pemilik kelapa yang diangkuta oleh KM Raffa Sahira melalui WhatsApp kepada Khairi mengatakan menemukan nakhoda kapal M Akil alias Likek menggunakan pengapung di tengah laut Pulau Lang, Kepri.

Serta mengirimkan video penyelamatan, namun tidak terlihat wajah orang yang diselamatkan. Disebutkan orang tersebut sudah terapung selama dua hari dua malam.

Asiong juga mengirimkan foto Likek yang baru diselamatkan dalam keadaan merokok dan tidak terlihat tanda-tanda orang yang kecelakaan dan mengapung dua hari di tengah laut.

Saat dikabarkan menemukan nakhoda kapal, Kades Khairi sempat menyarankan agar Asiong melapor ke polisi. Namun Asiong belum mau dengan alasan menunggu keterangan dari nakhoda (Likek).

Tanggal 10 Desember 2020 sekira pukul 19.39 WIB, Khairi bertemu Likek di mess Asiong Sei Lokan didampingi anggota Polsek Sei Lokan, Kecamatan Sadu, kondisi likek dalam keadaan sehat.

Pada 11 Desember 2020 sekira pukul 10.24 WIB, Asiong melalui chat WA mengirim seolah-olah ada laporan kronologis laka air/kapal tenggelam kepada Ditpol Airud Polda Jambi.

Namun setelah dikonfirmasi, ternyata Ditpolairud Polda Jambi tidak pernah menerima laporan tenggelam dan hilangnya KM Raffa Sahira tersebut.

Selain itu, judul isi laporan singkat yang dikirim Asiong kepada Khairi ditujukan ke Ditpolairud Polda Jambi. Padahal isinya laporan kronologis di wilayah hukum Kepri.

Dalam isinya disebutkan Kapal bergerak dari Sei Lokan tujuan Sei Guntung, tapi locus TKP di perairan Pulau Lang Tiga, Kepri, yang bukan jalur pelayaran dari Sei Lokan menuju Sei Guntung.

“Kami berharap Ditpolairud Polda Jambi dapat mengusut tuntas hilangnya KM Raffa Sahira dan tiga ABK yang merupakan warga desa saya. Kepada masyarakat dan instansi terkait lainnya, seperti Kapolri, Korairud, Baharkam, kami mohon dukungan dan doanya agar ini segera terungkap,” ujar Khairi. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *