Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

bunga anggrek

LAMANRIAU.COM – Bunga anggrek termasuk salah satu tanaman hias yang banyak penggemar dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Ada lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek yang ada, namun belakangan diketahui jumlahnya berkurang karena kerusakan hutan akibat ulah manusia.

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 4000 jenis tanaman anggrek yang tersebar dari berbagai pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa dan sebagainya.

Baca : Paku Suplir, Tanaman Hias Indoor yang Dekoratif

Banyak ditemukan para pecinta anggrek terutama pemula yang kesulitan dalam merawat anggrek di rumah, dan tak kunjung berbunga.

Berikut cara atau tips mudah agar bunga anggrek cepat berbunga menurut berbagai sumber :

1. Perhatikan cahaya matahari, karena memang cahaya matahari sangat penting dalam proses fotosintesis, yang juga akan membantu tanaman anggrek anda cepat tumbuh dan berbunga.

2. Perhatikan juga ketinggian tempat, karena tanaman anggrek akan cepat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis dan juga ketinggian tempat untuk menanam anggrek.

3. Perhatikan sirkulasi udara, kelembapan udara, fotoperioditas dan faktor genetis. Faktor sirkulasi udara pada dasarnya bunga anggrek sangat menyukai sirkulasi udara yang lancar, terus menerus dan berhembus sepoi-sepoi tidak teralu kencang agar tidak menyebabkan dehidrasi.

Faktor fotoperioditas yaitu waktu pencahayaan matahari terhadap tanaman anggrek. Lama atau cepatnya pencahayaan terhadap tanaman anggrek akan berdampak terhadap hormon tumbuh yang memicu pembentukan bakal bunga. Saat periode gelap lebih lama ketimbang saat terang, sintesis hormon tumbuh akan lebih banyak dan bakal tanaman anggrek tumbuh lebih cepat.

Sedangkan faktor genetis yaitu faktor yang disebabkan oleh induk anggrek. Ada anggrek yang berbunga cepat, anggrek, berbunga lama, berbunga kecil, berbunga besar, tumbuh tinggi, tumbuh pendek dan berdaun banyak atau sedikit. Cara memperbakinya dengan persilangan antar jenis.

4. Agar anggrek cepat berbunga maka perlu memperhatikan kandungan air dari media yang ada. Bila cuaca sangat panas lakukan penyiraman 2 kali pagi dan sore, namun jika musim hujan tidak perlu menyiramnya. Selain itu perhatikan waktu menyiram tanaman. Waktu yang baik sekitar pukul 7.00 – 9.00 pagi, dan sore sekitar pukul 4.00 hingga jelang malam.

5. Untuk membuat tanaman anggrek rajin dan cepat berbunga, bisa tambahkan pemberian pupuk ZPT atau juga hormon. Bisa juga menggunakan air kelapa dengan konsentrasi sebesar 15% (150 ml air kelapa buat larutan semprot untuk 1 liter).

6. Terakhir perhatikan hama dan penyakit bila ada dalam tanaman anggrek. Seperti tanamna yang lain, anggrek juga harus rajin bersihkan dari kotoran, serangan hama penyakit, ataupun daun yang sudah membusuk, pemakaian pestisida bisa menjadi alternatif untuk pencegahan ataupun pengobatannya.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *