Hyundai Creta Primadona Di GIIAS 2021, Klaim Performa & Kemampuan Akselerasinya

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Setelah resmi diperkenalkan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) membeberkan beberapa fakta mengenai small SUV terbarunya yang sempat viral di dunia maya, yakni Hyundai Creta.

Sebagaimana dirilis otomotif.comFakta pertama, Creta murni dibuat di Indonesia dan merupakan mobil pertama yang diproduksi di pabrik Hyundai Indonesia di Cikarang, Jawa barat, dimana pabrik ini yang pertama di Asia Tenggara.

Berikutnya, Creta ditawarkan dalam 4 pilihan tipe, yakni Active, Trend, Style, dan Prime.

Dimana varian terendah (Active) dibanderol Rp 279 juta dan tertinggi (Prime) seharga Rp 399 juta on the road DKI Jakarta.

Selanjutnya soal dapur pacu, ia dipersenjatai mesin SmartStream G1.5 (gasoline) berkapasitas murni 1.497 cc.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmision).

“Sistem IVT-nya berbeda dengan transmisi CVT pada umumnya. Kami tidak menggunakan belt untuk menggerakkan puli, melainkan pakai rantai yang disusun sedemikian rupa jadi macam sabuk baja,” terang Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID.

Nah, dapur pacu ini di atas kertas mampu menelurkan daya maksimal 115 PS (113,4 dk) di 6.300 rpm, dan torsi puncak sebesar 143,8 Nm @ 4.500 rpm.

Dengan performa tersebut, Hyundai mengklaim kemampuan akselerasinya dari 0 – 100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 12 detik untuk yang transmisi manual (MT).

Sementara yang IVT justru lebih cepat 0,2 detik, yakni hanya perlu 11,8 detik, dengan kecepatan maksimumnya bisa mencapai 170 km/jam.

“Sistem transmisi IVT Creta ini bila pedal gas dikick down, karakternya jadi kayak transmisi manual, sehingga menciptakan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan,” terang Bonar.

Oiya, Creta juga dibekali 4 macam mode berkendara (drive mode), yakni Eco, Comfort, Smart, Sport.

Hemm.. menarik juga! Tapi nanti akan Otomotifnet.com buktikan klaim Hyundai ini saat test drivenya ya.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *