Pisang Cepat Busuk? Ini Tips Agar Menghindarinya

LAMANRIAU.COM – Pisang menjadi salah satu buah-buahan yang di senangi banyak orang. Hal ini nggak mengherankan mengingat pisang adalah buah yang nggak mengenal musim. Harga pisang juga jauh lebih murah di bandingkan buah-buah lain. Karena hal ini, pisang kerap kali di gunakan oleh banyak orang sebagai pencuci mulut setelah sarapan atau makan malam.

Karena pisang punya gizi yang baik bagi tubuh kita, sudah seharusnya kita mengetahui cara menyimpan buah satu ini agar tetap awet. Tentu kita nggak bisa memakan pisang sekaligus, apalagi kalau belinya satu tandan. Terkait hal tersebut,Tips menyimpan pisang agar tidak cepat busuk. Bagaimana? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Simpan pisang dengan cara digantungkan dan menjauhkannya dengan buah-buahan lain. Ini berguna agar pisang mendapat udara, terhindar dari matahari, dan mencegah penyebaran gas etilen

Pisang akan cepat membusuk jika nggak mendapatkan sirkulasi udara dan terlalu banyak terkena sinar matahari. Selain itu, akan lebih baik juga jika pisang disimpan dengan cara digantungkan dari pada tergeletak di atas meja. Menggantung pisang bisa memperlambat proses pematangan yang merupakan penyebab pisang cepat busuk. Kamu juga harus menjauhkan pisang dengan buah-buah lainnya. Menjauhkan pisang dengan buah lain adalah untuk mencegah penyebaran gas etilena yang membuat pisang cepat matang, terutama buah apel yang paling cepat menyebarkan gas etilena.

2. Bungkus ujung bonggol pisang menggunakan aluminium foil atau bungkus seluruh sisir pisang dengan plastik. Hal ini di tujukan untuk mencegah dan menyebarnya gas etilena

Selanjutnya kamu bisa membungkus bonggol pisang menggunakan aluminium foil. Hal ini berguna untuk mencegah dan menyebarnya gas etilena yang diproduksi secara alami oleh pisang selama proses pematangan. Dengan itu, pisang akan lebih awet. Ini merupakan cara menyimpan pisang yang sudah matang paling baik dan benar.

Selain menggunakan aluminium foil, kamu juga bisa membungkus batang pisang dengan plastik. Fungsinya sama dengan aluminium foil karena plastik dapat memperlambat pelepasan gas etilen. Kamu bisa membungkus batang pisang sekaligus atau satu per satu. Cukup mudah, kan?

3. Masukkan ke kulkas untuk pisang yang sudah matang atau setengah matang. Jangan manyimpan pisang yang masih mentah di dalam kulkas

Kulkas bisa digunakan untuk menyimpan pisang agar lebih tahan lama. Namun ada cara menyimpan pisang di kulkas supaya awet. Jika kamu ingin menyimpan pisang yang sudah matang, kulkas mungkin bisa jadi salah satu jalan mengawetkan buah ini. Ya meski begitu, kulitnya mungkin akan berubah menjadi cokelat tapi isinya tetap enak dimakan.

Sementara jika kamu ingin tahu cara menyimpan pisang di kulkas agar tidak hitam, kamu hanya perlu membeli pisang yang masih setengah matang. Jadi kamu nggak perlu membeli pisang yang sudah siap makan. Kulkas akan memperlambat proses pematangan namun tetap memberikan kualitas dan rasa yang enak saat kita makan. Singkatnya, kulkas akan membuat pisang kamu tetap enak di makan meski sudah lewat beberapa hari

4. Agar lebih awet dan praktis, kamu bisa mengupas dan mengiris pisang terlebih dahulu dan menyimpannya dalam wadah kedap udara sebelum mendinginkannya dalam freezer

Selain menggunakan kulkas, kamu juga bisa menggunakan freezer untuk membuat pisang lebih awet. Syarat atau cara menyimpan pisang di freezer yang paling efektif adalah dengan cara mengirisnya terlebih dahulu. Potong pisang menjadi bagian-bagian kecil dan simpan dalam wadah atau plastik agar pisang tetap awet.

Mengiris-iris pisang terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam freezer juga memudahkanmu untuk memakannya jika ingin. Kamu nggak perlu lagi mengupas kulit pisangnya. Kepraktisan ini juga berguna saat kita hendak memasak atau mengolah pisang tersebut.

5.Kamu bisa gunakan jus lemon atau air perasan nanas untuk merendam pisang yang sudah di kupas. Asam dalam dua buah tersebut berguna untuk memperlambat oksidasi

Selain memasukkan ke dalam freezer, cara menyimpan pisang kupas di kulkas dengan cara di awetkan menggunakan jus lemon dengan cara di rendam. Jus melon sendiri sangat efektif mencegah pisang berubah menjadi berwarna kecokelatan. Tempatkan pisang iris ke dalam wadah kedap udara dan tempatkan di dalam freezer. Kendati begitu, jangan terlalu lama merendam pisang karena bisa membuatnya lembek.

Selain jus lemon, menggunakan air perasan atau jus nanas juga sangat efektif untuk mengawetkan pisang yang sudah di kupas. Kamu hanya perlu siapkan perasan buah nanas dalam mangkuk dan celupkan potongan pisang ke dalam mangkuknya. Asam dalam lemon dan perasan air nanas berguna untuk memperlambat oksidasi.(hiw)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *