Riau  

Erick Tohir, Sambangi Sentra Ekonomi Kreatif LAMR, BUMN Bisa Jadi Mitra UMKM

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap berkolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan perekonmoian nasional.

Hal itu dikatakan Erick Thohir dalam rangkai kunjungan kerja di Pekanbaru dengan meninjau Sentra Ekonomi Kreatif di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Jumat 26 November 2021.

Menurutnya, pemerintah melalui BUMN menaruh fokus untuk membantu UMKM, pemerintah telah melakukan investasi untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi. Hal ini untuk memperkuat pemasaran UMKM secara digital.

“Selama ini sudah banyak program yang diluncurkan BUMN dalam rangka pemberdayaan UMKM,” katanya.

Selain itu, sederet upaya juga tengah dilakukan Kementerian BUMN melalui penugasan ke berbagai perusahaan pelat merah untuk mendukung UMKM. Upaya itu mencakup pendanaan, pendampingan, dan akses pasar.

“Saya sudah memerintahkan bank-bank BUMN atau Himbara untuk menyalurkan pembiayaan ke UMKM. Terbaru, Holding BUMN Ultra Mikro (UMi) pun telah dibentuk untuk bisa fokus ke pembiayaan UMKM, khususnya usaha mikro. Adapun holding BUMN UMi terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai induk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar menyambut kehadiran Menteri BUMN yang melihat pelaksanaan donor daerah dan Sentra Ekonomi Kreatif di LAMR.

“Kita melihat dari komitmen beliau dan program yang dilaksanakan, sangat berpihak pada masyarakat terutama UMKM. LAMR juga melakukan pembinaan terhadap UMKM melalui jalur kerjasama dengan BUMN,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat LAMR dan Kementerian BUMN akan melakukan kerjasama dalam rangka pembinaan UMKM di Riau dengan semua BUMN yang ada di Riau. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *