Mimbar  

Hasad, Penyakit Hati yang Harus Dihindari

Hasad

LAMANRIAU.COM – Sifat hasad adalah salah satu penyakit hati yang harus dihindari umat Islam. Secara epistimologis, hasad adalah keadaan hati seseorang yang tidak mensyukuri nikmat serta membenci kebahagiaan orang lain. Singkatnya, hasad dengki.

Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyyah mengatakan, hasad adalah saat seseorang menginginkan nikmat orang lain hilang. Nikmat yang dimaksud berupa harta, ilmu, dan lain sebagainya.

Hasad atau dengki sudah kerap dilakukan manusia, secara sadar maupun tidak. Dampaknya pun tidak hanya mendapat balasan di kehidupan akhirat kelak. Namun, hasad akan membuat hidup seseorang menjadi tidak tenang.

Baca : Sikap Serakah Bisa Bahayakan Umat Manusia

Allah SWT melarang manusia untuk berlaku hasad, sehingga sifat tercela ini harus kita hindari. Hal ini sesuai dengan salah satu hadist yang berbunyi:

“Jangan kalian saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi! dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allâh yang bersaudara.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lantas bagaimana cara menghindari sifat hasad atau dengki? Agar terhindar, seseorang bisa melakukan berbagai cara di antaranya meliputi:

Memperbanyak Ibadah

Tujuan hidup manusia menurut Islam adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah, niscaya seseorang akan terus berusaha untuk menjadi pribadi yang baik serta terhindar dari penyakit hati.

Memperbanyak Rasa Syukur

Dengan memperbanyak rasa syukur, seseorang akan selalu mengingat bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama untuk diberi nikmat dari Allah SWT. Sehingga, akan semakin membuat manusia jauh dari kedengkian.

Memelihara Sifat Rendah Hati

Menjauhkan d iri dari sifat sombong dan selalu merasa cukup dengan apa yang telah kita miliki adalah salah satu cara terhindar dari rasa dengki. Selain itu, sikap rendah hati akan membuat seseorang sadar bahwa masih ada orang yang nasibnya tidak seberuntung d irinya.

Menumbuhkan Prasangka Baik

Membiasakan diri untuk berpikir tentang kebaikan orang lain adalah salah satu cara menghindari sifat dengki. Dengan selalu berusaha berpikir positif, hidup seseorang akan menjadi lebih tenang.

5. Menjalin Silaturahmi

Seseorang bisa merasa dengki karena ia tidak bergaul dengan baik dengan lingkungan sekitar. Cara menghilangkan sifat hasad salah satunya dengan mempererat silaturahmi. Ketika silaturahmi terjalin, akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih peka terhadap keadaan sekitar. (krn)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *