Riau  

Idris Laena Prihatin Dengan Kondisi Jembatan Keritang, Perbaikan Melalui DAK

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Anggota DPR RI Dapil Riau, Idris Laena mengaku prihatin mengetahui jembatan penghubung Kecamatan Keritang dan Kecamatan Reteh di Kabupaten Indragiri hilir, telah lama rusak parah dan nyaris putus, namun sama sekali tidak diperbaiki.

Bahkan, belum lama ini, jembatan tersebut memakan korban, yakni truk yang masuk ke sungai karena rusaknya jembatan tersebut.Untungnya, dengan swadaya seadanya masyarakat, membuat jalan darurat, agar masyarakat bisa melalui jalan tersebut.

“Saya menerima banyak sekali aduan, dan mencoba berkoordinasi dengan kawan-kawan Anggota DPR yang membidangi Infrastruktur di Komisi V, agar bisa diupayakan mendapat dana dari APBN. Namun ternyata, tidak mendapat prioritas, karena jembatan tersebut adalah kewenangan kabupaten, yang harusnya mendapat anggaran dari APBD kabupaten Indragiri hilir,” kata Idris Laena, Senin 29 November 2021.

Sebetulnya, kata Politisi Golkar ini, bisa saja diupayakan menggunakan APBN, namun harus melalui mekanisme dana alokasi khusus, sehingga akan menjadi bagian dari transfer daerah.

“Namun harus diajuka oleh Pemda Kabupaten Indragiri hilir kepada pemerintah pusat, dalam Hal ini Kementerian PUPR di Jakarta,” cakapnya lagi.

“Jembatan ini sudah sangat membahayakan, karena sudah ada mobil dan motor yang tercebur ke sungai. dan kita tidak tahu berapa lagi korban yang akan berjatuhan,” ujarnya seperti dikutip dar cakaplah.com

Idris Laena mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Riau, Syamsuar bersama Bupati Indragiri hilir, dan telah menindaklanjuti dan mengatakan bahwa Pemda akan menganggarkan pada APBD 2022.

“Kita berharap bahwa pada tahun anggaran 2022, akan segera dapat diperbaiki,” tukasnya.(jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *