Bisnis  

Pertamina Hulu Kuasai 51 Persen Saham Milik Elnusa

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELSA) memperoleh pemberitahuan resmi melalui Bursa Efek Indonesia mengenai transaksi jual beli kepemilikan saham perseroan yang sebelumnya dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina (DPP) sebesar 9,9 persen telah resmi dibeli PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai nahkoda Subholding Upstream Pertamina pada 1 Desember 2021. Dengan adanya transaksi tersebut PHE menjadi pemegang saham mayoritas Elnusa sebesar 51 persen.

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir mengatakan, aksi korporasi yang dilakukan PHE ini merupakan sinyal positif bagi perseroan sekaligus bukti nyata dari upaya penguatan dalam pembentukan Subholding Upstream Pertamina serta penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu migas.

“Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional Subholding Upstream ke Elnusa sebagai Pemegang saham pengendali,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat 3 Desember 2021.

Ali menambahkan, kompetensi dan kapabilitas unggul ELSA telah terbukti mendukung kinerja subholding upstream selama ini.

Elnusa berkeyakinan bahwa melalui langkah strategis dari PHE ini akan semakin mengokohkan posisi Elnusa sebagai perusahaan nasional jasa energi di Indonesia yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan serta mampu meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.

“Kami memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi mulai dari hulu sampai hilir, dengan demikian kami siap berkolaborasi dan terus bersinergi untuk berperan aktif mendukung Subholding Upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas nasional 1 juta BOPD di tahun 2030 mendatang dengan sangat optimis,” tutup Ali. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *