Tekno  

5 Website Ini Kursus Gratis untuk Kembangkan Keterampilan

website

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Peradaban manusia yang kian berkembang begitu melaju dengan cepatnya membuat manusia harus dapat beradaptasi menyesuaikan peradaban tersebut untuk terus dapat bertahan hidup.

Penemuan-penemuan baru tidak begitu bertahan lama lagi dalam mata publik karena tertimpa oleh penemuan baru lainnya yang begitu cepat menyingkirkan momentum tersebut. Berbeda dengan zaman dahulu, penemuan mesin ketik pertama begitu mendapat perhatian dunia untuk waktu cukup lama dan menjadi batu pijakan yang kuat untuk perjalanan hidup manusia.

Perkembangan teknologi ini juga melahirkan keterampilan baru yang dibutuhkan dan menggeser menggantikan keterampilan-keterampilan yang bisa dikerjakan oleh teknologi. Tidak perlu berkecil hati, kehadiran teknologi juga menawarkan banyak fitur-fitur yang menarik terkhususnya situs edukasi untuk mengembangkan keterampilan kita untuk bersaing di pasar global nantinya.

Situs web kursus berkualitas yang tentunya gratis sehingga bisa menunjang kamu untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang coding, pemasaran, design, arkeologi, filsafat pada lima situs web terbaik gratis berikut:

1. edX

Merupakan situs belajar daring yang menarik yang didirikan oleh Universitas terkemuka di dunia yakni Harvard University dan MIT (Massachusetts Institute of Technology). Platform edukasi yang terbentuk sejak 2012 ini mencakup situs belajar daring dari mitra berbagai universitas terkemuka dunia seperti: Harvard, MIT, Berkeley, Oxford, Zurich, dan sebagainya. edX tidak sepenuhnya gratis. Ada beberapa kelas yang gratis dan berbayar jika ingin mencetak sertifikat keterangan lulus.

Tahun 2021 edX memberikan pengumuman yang mengejutkan bahwa edX telah menjual asetnya kepada 2U yang mana ini menandakan bahwa edX tidak lagi bergerak organisasi nirlaba.

2. Coursera

Serupa, tapi tidak sama. Coursera memiliki kesamaan dengan edX yang didirikan sejak tahun 2012 oleh Profesor Stanford University. Coursera menawarkan ragam topik menarik dan berkualitas dari mitra universitas kelas dunia dimulai dari programming hingga topik pengembangan diri yang tentunya semua topik sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar hal baru.

Ketersedian kelas gratis Coursera saat ini begitu berbatas karena Coursera juga terdapat fitur yang berbayar, pastikan kamu jangan kelewatan kelas gratis di Coursera.

3. Khan Academy

Platforma belajar yang tidak kalah bagusnya karena merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan media belajar daring gratis untuk anak-anaka di seluruh dunia. Khan Academy menawarkan fitur-fitur terorganisir yang mudah digunakan dan dimengerti sehingga dapat menjangkau seluruh orang yang ada di pelosok dunia dan memiliki mitra sekolah menengah untuk memberikan materi yang mendalam sehingga dapat mempertahankan tujuan dari pembelajaran di Khan Academy.

4. Codecademy

Buat kamu ingin belajar programming codecademy merupakan pilihan yang cocok untuk memulai belajar coding dari level pemula. Codeacademy menawarkan rangkaian kelas pemrograman yang menarik dan interaktif sehingga mudah untuk diikuti oleh pemula. Situs kelasnya codeacademy dirancang secara sistematis dan pengguna dapat memonitori progress pembelajarannya secara berkala.

5. Google Digital Garage

Untuk menunjang peningkatan keterampilan digital Digital Garage menghadirkan pelatihan daring yang berfokus pada data dan teknologi, pemasaran digital, dan pengembangan karir. Sertifikasi ini hadir untuk mengasah keterampilan digital yang dinaungi langsung oleh praktisi ahli dari berbagai institusi untuk membuka kesempatan kepada semua kalangan.

Dengan banyaknya pelatihan kelas edukasi yang semakin menjamur seiring permintaan-penawaran terhadap keterampilan kerja yang dibutuhkan untuk kemajuan teknologi menjadikan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan baru dengan akses yang mudah. Kamu dapat memilih kursus daring yang menarik dan sesuai dengan minat kamu. ***

*) Tulisan kiriman Salma Rahma Dewi, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Riau

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *