Malam Ini, Lima Sertifikat WBTb Indonesia untuk Riau Diserahkan

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen menerima sertifikat WBTb 5 karya budaya Riau dari Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Ristek Hilmar Farid.

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi diwakili Dirjenbud, Hilmar Farid menyerahkan lima sertifikat Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia kepada Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemdikbudristek, Jakarta Selasa 7 Desember 2021.

Raja Yose hadir pada acara penyerahan 289 sertifikat WBTb nasional tahun 2021 bersama perwakilan provinsi se Indonesia. Lima karya budaya dari Provinsi Riau yang telah ditetapkan menjadi WBTb Indonesia tahun ini yaitu Syair Antau Kopa, Atib Koambai, Mandi Shafar Rupat Utara, Lampu Colok Bengkalis dan Makan Bejambau Kampar.

Baca : Lagi, 5 Karya Budaya Riau Ditetapkan Menjadi WBTb Indonesia

Sebagai OPD yang mendapat amanah mengurusi pengusulan karya budaya dari Provinsi Riau untuk diakui statusnya secara nasional, Raja Yose mengakui bahwa pencapaian seperti ini sangat ditentukan oleh kerjasama dan dukungan berbagai pihak terutama komunitas, akademisi dan maestro bidang budaya di samping tentunya peran Pemerintah Kabupaten.

Alhamdulillah. Tahun 2021 bertambah lagi sebanyak lima karya budaya dari Provinsi Riau diakui menjadi WBTb Indonesia. Pengakuan secara nasional ini berkat kerjasama dan dukungan berbagai pihak,“ ungkap Raja Yose.

Dengan pencapaian ini maka sudah 56 WBTb Provinsi Riau berstatus nasional sejak pengusulan dan penetapan pada tahun 2013. Seperti yang diketahui, bahwa sejak Dinas Kebudayaan Provinsi Riau ditubuhkan menjadi OPD tersendiri pada tahun 2017 yang lalu, pengusulan WBTb semakin gencar dilakukan, sehingga sejumlah 46 karya budaya berhasil disertifikasi dalam lima tahun.

“Kami di Dinas Kebudayaan Provinsi Riau sangat menyadari pentingnya pengakuan WBTb ini. Selain upaya pelindungan terhadap karya budaya kita, hal ini juga merupakan bentuk pelestarian warisan budaya tak benda ke masa depan. Maka peran dan dukungan seluruh pihak sangat kami harapkan, lagi dan lagi,“ tambah Raja Yose.

Sebagai apresiasi, Provinsi Riau juga mendapat kesempatan untuk menampilkan karya budaya bersama utusan tim pertunjukan dari seluruh Indonesia. Di hadapan tamu undangan yang cukup terbatas, maestro sastra lisan dari Kabupaten Rokan Hilir, Syafrudin tampil melantunkan fragmen Syair Antau Kopa.

“Terima kasih kepada Bupati Rohil atas kerjasama serta dukungannya memfasilitasi kehadiran maestro Syair Antau Kopa untuk tampil di acara kebudayaan yang cukup penting ini. Moga dapat terus bekerjasama dalam pengusulan WBTb tahun-tahun mendatang,“ tutup Raja Yose. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *