Untuk Penggemar Kucing! Cara Agar Kucing Tidak Kencing Sembarangan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemilik kucing tak jarang menemukan hewan peliharaan mereka buang air atau kencing di tempat yang tidak semestinya.

Meski sudah diberikan tempat khusus untuk kencing, misalnya boks berisi pasir khusus (litter box), namun hewan peliharaan ini kadang memilih buang air sembarang tempat, seperti di wastafel, di kasur, atau bahkan di atas kompor

Kelakuan kucing pipis sembarangan ini dibagikan oleh salah seorang pemilik kucing melalui unggahan akun base @ZOO_FESS pada Minggu 28 November 2021.

Di kolom komentar unggahan tersebut, banyak warganet yang mengeluhkan permasalahan serupa dan menanyakan solusinya.

“Gimana sih cara berhentiin kucing pipis sembarangan,” tulis seorang warganet.

Lantas, bagaimana cara agar kucing tidak buang air sembarangan saat di rumah? Pahami penyebab kucing buang air sembarangan

Untuk mengatasi permasalahan kucing buang air sembarangan, pemilik hewan peliharaan ini perlu mengetahui lebih dulu penyebabnya.

Beberapa faktor yang diketahui menyebabkan kucing buang air sembarangan, misalnya:

1. Masalah kesehatan

Kucing kencing sembarangan bisa jadi karena masalah kesehatan.

Konsultasikan hal ini dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui penyebabnya. 

Kucing mungkin mengalami masalah buang air kecil karena beberapa hal, misalnya infeksi saluran kemih, penyakit metabolisme, atau kencing batu.

2. Kotak Pasir Kotor

Kucing pada umumnya adalah hewan yang sensitif. Ketika kotak pasirnya terlalu kotor, mereka akan lebih memilih untuk buang air di tempat lain.

Kucing mungkin juga tidak menyukai lokasi tempat kotak pasir diletakkan, atau posisi kotak pasirnya tertutup atau terbalik, yang menyebabkan kucing tidak bisa buang air di situ.

3. Stres

Kucing buang air kecil sembarangan bisa juga disebabkan stres.

Mereka mungkin menandai wilayah mereka atau mereka mungkin tidak senang dengan hewan lain di rumah.

Kucing sensitif terhadap perubahan di tempat tinggal mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan ruang tinggal kucing dan pengaruhnya terhadap tingkat stres mereka.

Cara agar kucing tidak kencing atau pipis sembarangan

Berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan agar kucing berhenti pipis sembarangan:

• Konsultasikan dengan dokter hewan. Jika kucing Anda memiliki masalah kesehatan, dokter hewan Anda akan merekomendasikan perawatan terbaik.

• Habiskan lebih banyak waktu dengan kucing Anda. Bermain dengan kucing Anda lebih sering dapat menghilangkan stres dan kecemasan mereka.

• Jika kucing Anda suka dipeluk, pastikan Anda meluangkan waktu untuk memeluknya. Ini akan membantu kucing Anda merasa nyaman.

• Pastikan rumah Anda adalah tempat yang menyenangkan bagi kucing Anda. Beri kucing Anda lebih banyak ruang untuk dijelajahi. Sediakan mainan untuk kucing Anda.

• Selalu konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui metode terbaik mengurangi stres dan kecemasan pada kucing Anda.

• Bersihkan semua tempat di mana kucing Anda buang air kecil sembarangan dengan cairan pembersih yang kuat. Kucing Anda akan berhenti menandai tempat-tempat itu.

• Jika kucing Anda buang air kecil di luar kotak pasir, pastikan Anda membersihkan kotaknya secara teratur. Juga, sediakan lebih banyak kotak kotoran untuk kucing Anda.

Tips lain yang bisa dilakukan adalah menaruh camilan di dekat tempat kucing Anda buang air kecil sembarangan. Jika kucing Anda kencing di tempat tidur, letakkan camilan di sana.

Kucing tidak suka kencing di dekat tempat makan. Jika Anda mengubah tempat kencing kucing menjadi tempat makan, mereka akan berhenti kencing di sana. (jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *