Chelsea Atasi Perlawanan Leeds 3-2 Berkat Pinalti

chelsea leeds

LAMANRIAU.COM, LONDON – Chelsea secara dramatis berhasil mengandaskan Leeds United dengan skor ketat 3-2 dalam partai Premier League 2021/22 pekan ke-16 yang dihelat di Stamford Bridge, London, Sabtu 11 Desember 2021 malam WIB.

Saling kejar-mengejar gol terjadi pada laga ini. Total tiga penalti, masing-masing dua untuk Chelsea dan satu bagi Leeds dihadiahkan wasit Chris Kavanagh.

Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu lewat penalti Rapinha, yang bisa dibalas gol Mason Mount. Skor 1-1 menutup babak pertama. Babak kedua, Chelsea sempat memimpin lewat penalti Jorginho, menyusul pelanggaran Antonio Ruediger. Namun, Leeds bisa menyamakan lagi lewat gol Joe Gelhardt.

Baca : Lewat Penalti, Chelsea Juara Piala Super Eropa 2021

Pada masa injury time, Chelsea mendapat penalti keduanya, usai lagi-lagi Ruediger dilanggar. Dan Jorginho bisa mencetak gol keduanya dari titik putih, seraya memastikan kemenangan Chelsea dengan skor 3-2.

Bertanding dalam stadion Stamford Bridge, sang tuan rumah Chelsea terlihat kesulitan meladeni permainan cepat Leeds United pada awal babak pertama. Meski tampil dalam kandang lawan, Leeds tak menunjukkan rasa gentar sedikit pun. Pasukan Marcelo Bielsa berani tampil agresif sejak awal babak pertama.

Sejumlah peluang milik Leeds, sampai akhirnya tim tamu memperoleh hadiah penalti pada menit ke-27 usai VAR menganggap Marcos Alonso melanggar Daniel James dalam kotak terlarang.

Raphinha yang bertindak menjadi algojo penalti pun sukses memperdaya Edouard Mendy. Kiper asal Senegal itu mati langkah oleh tembakan 12 pas Raphinha.

Chelsea baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-42 lewat sontekan first time Mount meneruskan umpan tarik Alonso. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan ketat. Chelsea dan Leeds saling jual beli serangan selepas jeda.

Leeds lebih dulu mengancam lewat Jack Harrison menit ke-50, namun upayanya bisa mentah oleh Mendy. Dua menit berselang, giliran sundulan Timo Werner bisa tangkap Meslier.

Berkat Pelanggaran

Chelsea berbalik memimpin pada menit ke-58. Jorginho mencetak gol lewat penalti. Penalti berawal dari pelanggaran Rapinha kepada Antonio Ruediger di kotak terlarang. Wasit mengeceknya lewat VAR, dan memberi tendangan 12 pas kepada Chelsea. Dan Jorginho bisa memperdaya Meslier. Skor menjadi 2-1.

Tertinggal membuat Leeds makin menekan Chelsea. Peluang sempat dapat lewat Tyler Roberts, namun sepakannya dari luar kotak penalti masih mengarah tepat ke arah Mendy.

Menit ke-78, Chelsea punya peluang lewat Thiago Silva. Bek Brasil itu menerima sodoran Callum Hudson-Odoi dari kiri, dan meneruskannya dengan sepakan. Arahnya belum tepat sasaran.

Leeds menyamakan skor pada menit ke-83. Joe Gelhardt yang membobol gawang Chelsea. Berawal dari serangan rapi yang terbangun pada sisi kiri, Roberts menerima umpan terobosan. Ia berlari ke depan, dan melepaskan umpan ke tengah. Gelhardt dengan cermat bisa menyontek bola masuk ke gawang Mendy. Skor menjadi 2-2.

Laga sempat berjalan alot hingga memasuki masa perpanjangan waktu. Sampai akhirnya, wasit Chris Kavanagh memberi Chelsea hadiah penalti lagi.

Ruediger lagi-lagi jadi korban. Kali ini Mateusz Klich yang melanggarnya, usai cek VAR. Jorginho lagi-lagi bisa mengecoh Meslier, dan membawa Chelsea unggul 3-2. Skor bertahan hingga laga bubar.

Berkat hasil ini, Chelsea masih menjaga posisi tiga besar klasemen dengan poin 36, sedangkan Leeds terpuruk ke posisi 15 dengan poin 16. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *