Kawasaki ZX-4R Tenaga Buas Mengaspal Di Tahun Depan

kawasaki

LAMANRIAU.COM – Kawasaki menjadi salah satu brand raksasa asal Jepang yang terkenal dengan motor sport buatannya di pasar global. Salah satu produk yang sempat viral di Indonesia adalah Kawasaki Ninja ZX-25R. Motor sport fairing tersebut perdana tampil di Tokyo Motor Show Jepang pada 2019, kemudian baru masuk pasar Tanah Air di Juli tahun lalu.

Ninja ZX-25R menjadi buah bibir, mengingat menggunakan mesin 250cc dengan empat silinder. Sedangkan pesaingnya di pasar RI masih bertahan dengan mesin dua silinder seperti Honda CBR250RR, dan Yamaha YZF-R25.

Usai mendulang sukses dengan Ninja ZX-25R, Kawasaki bakal merilis Ninja ZX-4R. Di prediksi motor sport ZX-4R akan lebih bertenaga.

Baca Juga Artikel Rumor Honda ADV 350

Sebelumnya pabrikan asal Jepang ini mencuri perhatian pecinta otomotif dengan merilis Ninja ZX-25R di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor tersebut memiliki mesin 249,8cc berkonfigurasi 4 silinder.

Mesin tersebut menghasilkan power maksimum dengan ram air mencapai 37,5 kW (51 PS) pada 15.500 rpm. Sedangkan untuk maksimum torsinya adalah 22,9 Nm pada 14.500 rpm.

Seolah tak mau kehilangan momen akan kesukseskan motor yang menggunakan sistem transmisi manual 6 speed itu, Kawasaki kini sudah siapkan motor anyar. ZX-4R adalah ZX-25R yang di bore-up.

Di mana, mengganti piston dan engkol serta perubahan mekanis yang cukup sederhana, yang dapat digabungkan dengan ECU yang di perbarui. Kapan motor ini akan dibuat masih menjadi misteri.

Tetapi bila nantinya di produksi massal, maka akan memberikan persaingan keras di kelasnya. Kawasaki ZX-4R akan menantang Aprilia RS660 atau Yamaha YZF-R7 yang baru dirilis di Eropa pada pekan

Spesifkasi Kawasaki ZX-4R

Kawasaki ZX-4R itu akan menggendong mesin segaris 400cc DOHC. Yang istimewa, dapur pacu motor sport baru itu di dukung empat silinder 16 katup dengan sistem pengabutan injeksi.

Sebelum resmi mengaspal, rendering atau desain digitalnya sudah heboh di beriktan oleh media luar. Secara keseluruhan bentuk motor sport terbaru itu masih mirip Ninja ZX-25R, mempertahankan garis serba tajam mulai dari lampu depan, fairing, hingga bodi belakang.

Yang agak berbeda dari gambar tersebut terlihat bentuk fairingnya di buat lebih minimalis, dengan kisi-kisi lubang udara yang besar untuk mendinginkan mesin, meskipun sudah di lengkapi radiator atau pendingin cairan.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan upside down, dengan pengereman dua cakram di bagian depan yang memiliki  ukuran piringan, dan kaliper cukup besar. Saluran pembuangan alias knalpot desainnya berbeda dengan ZX-25R. Terkait fitur-fitur yang akan di sematkan, di duga serupa dengan adik kandungannya.

Seperti KTRC atau Kawasaki  Traction Control untuk mengendalikan putaran ban agar tidak selip, freewheel protection yang memiliki tiga pengaturan. Kemudian ada sistem assist dan slipper clutch, serta quick shifter agar pengoperasian transmisi manualnya lebih responsif tanpa campur tangan kopling saat menaikkan atau menurunkan gigi. Selain itu power mode, atau gaya berkendara dengan dua pilihan.(rds)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *