Timnas Indonesia vs Malaysia, Kontra Adu Gengsi

Indonesia malaysia
Pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya menerima hadangan dari pemain Vietnam dalam laga Piala AFF 2020.

LAMANRIAU.COM, SINGAPURA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi laga hidup mati kontra Malaysia dalam matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Bishan Stadium Singapura, Minggu 19 Desember 2021 malam WIB.

Skuad Garuda berada atas angin. Bahkan, kekalahan dari Malaysia masih bisa meloloskan Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2020, namun dengan syarat. Tetapi, menang atau kalah sebenarnya, pertandingan ini adalah laga adu gengsi dua Negara bertetangga.

Baca : Tahan Vietnam, Timnas Indonesia Hanya Tambah Satu Poin

Indonesia dan Malaysia memang menjadi rival paling panas antar dua Negara serumpun. Sejak tahun 2004, Indonesia dan Malaysia selalu bertemu dalam ajang Piala AFF, tercatat setidaknya 6 kali. Dari pertemuan itu, keduanya menoreh hasil imbang dengan masing-masing 3 kali kalah dan 3 kali menang.

Indonesia pernah menyerah 1-2 dari Malaysia pada kontra Piala AFF yang berlangsung 28 Desember 2004 lalu. Tapi kemudian, Timnas menggunduli Malaysia dalam pertemuan berikutnya yakni 3 januari 2005 dengan skor telak 4-1. Kemudian 1 Desember 2010 dengan kemenangan 5-1.

Tetapi Malaysia kemudian membalas kekalahan itu dengan berjaya mengemas kemenangan 3-0 dalam pertemuan 26 Desember 2010. Kemenangan tersebut juga dibalas Indonesia melalui pertemuan kedua 29 Desember 2010 dengan raihan 2-1. Dalam pertemuan terakhir piala AFF 1 Desember 2012 lalu, Indonesia lagi-lagi tunduk 2-0 atas Malaysia.

Minimal Imbang

Saat ini setelah melewati tiga pertandingan, dengan koleksi tujuh angka. Skuad asuhan Shin Tae-yong memiliki poin yang sama persis dengan Vietnam di tempat kedua. Timnas Indonesia unggul karena selisih gol yakni +6 berbanding +5, Timnas Indonesia berhak menempati posisi yang lebih baik.

Sementara skuad Harimau Malaya menempati tangga ketiga dengan enam angka sama. Saat ini, tinggal Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia yang masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Ketiga negara ini bersaing memperebutkan dua slot ke semifinal Piala AFF 2020. Melihat perolehan poin saat ini, Timnas Indonesia dan Vietnam berada atas angin untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang kontra Malaysia dalam laga pamungkas untuk lolos.

Begitu juga dengan Vietnam yang cuma butuh hasil imbang kontra Kamboja untuk memesan tempat di semifinal Piala AFF 2020. Untuk Timnas Indonesia, kekalahan dari Malaysia juga masih meloloskan mereka ke semifinal Piala AFF 2020.

Namun, dengan syarat di laga lain Vietnam juga tumbang dari Kamboja. Jika kondisi di atas terjadi, Malaysia finis sebagai juara grup dengan sembilan poin, disusul Indonesia dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi tujuh angka.

Hanya saja, kekalahan itu juga wajib dengan catatan lain. Timnas Indonesia perlu kalah tipis, semisal selisih satu gol. Jika kekalahan dengan selisih tiga gol, sedangkan dalam laga lain Vietnam cuma kalah selisih satu gol dari Kamboja, Golden Star –julukan Vietnam– yang melaju ke semifinal Piala AFF 2020.

Sekadar informasi, AFF menjadikan selisih gol sebagai indikator awal untuk menentukan posisi ketika ada dua atau tiga tim memiliki poin yang sama. Jika selisih gol masih sama persis, perhitungan selanjutnya adalah produktivitas tim.

Tim yang mencetak gol lebih banyak berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Meski begitu, harapannya kemenangan meyakinkan dapatkan Timnas Indonesia atas Malaysia. Sebab, kemenangan telak bakal membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *