Tundukkan Malaysia, Indonesia Juara Grup B Piala AFF

Timnas Juara

LAMANRIAU.COM, SINGAPURA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia keluar sebagai juara grup B dalam perebutan tiket perempat final Piala AFF 2020 yang berlangsung di Nastional Stadium, Singapura usai menundukkan Malaysia dengan skor meyakinkan 4:1.

Meskipun pemain Timas Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Terbukti mereka sudah mengancam ketika laga baru berjalan dua menit lewat aksi Pratama Arhan. Namun justru kebobolan terlebih dulu lewat aksi pemain Malaysia Kogileswaran Raj pada menit ke-13.

Baca : Timnas Indonesia Vs Malaysia Laga Seru Malam Nanti

Memasuki 15 menit akhir, tempo pertandingan masih tinggi. Indonesia yang tertinggal lebih agresif dalam melakukan serangan. Timnas Indonesia kemudian berbalik unggul melalui brace alias dwigol Irfan Jaya, yang masing-masing tercipta pada menit ke-36 dan 43′.

Berawal dari umpan kunci Ricky Kambuaya ke Witan Sulaeman yang lolos dari penjagaan pemain bertahan Malaysia. Witan kemudian melepaskan umpan tarik yang mengarah ke Irfan Jaya yang berdiri bebas di kotak penalti Malaysia.

Tanpa kontrol, Irfan Jaya melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal diselamatkan Khairul Fahmi. Gol ini bak penebus dosa bagi Irfan Jaya karena dia sempat melakukan blunder yang mengakibatkan gol untuk Malaysia.

Dua menit berselang, timnas Indonesia mendapat peluang emas lewat Ramai Rumakiek yang merangsek ke kotak penalti. Akan tetapi, peluang itu urung berbuah gol karena penyelesaian akhir Ramai Rumakiek masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-43, timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Malaysia. Irfan Jaya kembali mencatatkan namanya di papa skor. Irfan Jaya memanfaatkan bola liar hasil penetrasi Pratama Arha. Irfan melakukan penyelsaian akhir dengan sebuah sepakan kaki kanan.

Hingga babak pertama usai, permainan menekan terus dilakukan skuat Garuda dengan beberapa kali mencoba membahayakan gawang Malaysia. Namun hingga pluit babak pertama berakhir, taka da tambahan gol lagi.

Terus menekan

Memasuki babak kedua, Malaysia memasukkan bek baru, yakni Dominic Tan untuk menjaga lini belakang mereka. Sementara Timnas Indonesia juga melakukan hal yang sama karena menarik Ramaai Rumakiek dan memasukkan Elkan Baggott.

Kendati begitu, nyatanya Timnas Indonesia masih mendominasi jalannya laga dan terus menggempur pertahanan Harimau Malaya. Usaha demi usaha dilakukan. Gol yang dinanti pun baru datang pada menit 50 lewat aksi Pratama Arhan. Timnas Indonesia unggul 3-1 via sepakan dari luar kotak penalti Pratama Arhan.

Pratama mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya. Unggul 3-1 tak membuat Timnas Indonesia merasa puas. Serangan terus dilakukan dan skor pun bertambah di menit ke-82.

Adalah Elkan Baggott yang berhasil menyempurnakan kemenangan Timnas Indonesia menjadi 4-1. Baggott sukses menyundul umpan sepak pojok dari Evan Dimas yang baru masuk di pertengahan babak kedua. Skor 4-1 itu pun bertahan hingga laga berakhir.

Duel timnas Indonesia vs Malaysia merupakan pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020. Indonesia dengan hasil ini memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2020 karena unggul selisih gol dari Vietnam yang ada di posisi kedua.

Sementara Vietnam dalam pertandingan terakhir berhasil menang menang 4-0 atas Kamboja. Kemenangan Indonesia ini membuat Timnas melaju ke perempat final dengan status juara grup dan akan bertemu tuan rumah Singapura. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *