Singapura Tahan Imbang Timnas Indonesia di Piala AFF

LAMANRIAU.COM, SINGAPURA – Timnas Singapura berhasil menahan imbang Indonesia dalam laga perdana Leg 1 semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung Rabu 22 Desember 2021 malam. Menjamu Indonesia di National Stadium, Singapura sempat tertinggal terlebih dulu pada babak pertama.

Skuad Garuda unggul lebih dulu pada babak pertama. Pada awal pertandingan, kedua tim berusaha untuk dapat mengatur tempo permainan. Aksi saling serang sudah terjadi menit-menit awal. Namun dari peluang yang tercipta, Indonesia dan Singapura masih kesulitan untuk mencetak gol.

Setelah pertandingan berjalan selama sepuluh menit, Indonesia berhasil menciptakan beberapa umpan yang bisa dimaksimalkan untuk mencetak gol pertama. Namun lini pertahanan Singapura mampu tampil sangat solid dan sulit untuk ditembus.

Baca : Nantikan Siaran Langsung Laga Seru Indonesia vs Singapura di Piala AFF

Pada menit ke-16, Singapura mampu melakukan serangan yang sangat mengancam gawang Indonesia. Namun tendangan Ikhsan Fandi tersebut masih melebar sehingga kedudukan tetap imbang 0-0.

Persaingan sengit pun terus terjadi, Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-19. Namun Witan Sulaeman yang menciptakan peluang kesulitan menghadapi pertahanan Singapura sehingga tendangannya masih melambung atas mistar gawang.

Menit ke-28, Indonesia akhirnya mampu mengungguli Singapura setelah Witan Sulaeman berhasil mencetak gol menggunakan umpan yang diberikan oleh Asnawi Mangkualam. Skor sementara pun menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Singapura terus berupaya mencetak gol penyeimbang di sisa babak pertama. Namun tidak ada gol yang tercipta, Indonesia pun berhasil unggul 1-0 atas Singapura paruh pertama.

Tahan Imbang

Babak kedua, Shin Tae-yong melakukan dua perubahan usai turun minum terhadap Timnas Indonesia. Elkan Baggott masuk menggantikan Rizky Rodho, sementara Dedik Setiawn ditarik digantikan Ezra Walian. Ezra langsung memberikan kontribusi saat babak kedua baru berjalan. Dia memberikan umpan kepada Irfan Jaya, yang melepaskan tembakan.

Sayang, lesakannya belum menambah gol untuk Timnas Indonesia. The Lions nyari mencetak gol penyamakan kedudukan akibat kesalahan Arhan Pratama. Pemian berusia 20 tahun terlalu lama mengusai bola di daerah sendiri hingga bisa direbut pemain Singapura.

Beruntung sepakan Ikhsan Fandi melebar dari sisi gawang. Foto/PSSI Arhan Pratama kembali membuat kesalah dengan salah membuat operan yang mampu direbut pemain Singapura.

Keburuntungan kembali menyertai skuad Garuda. Faris Ramli gagal menyepak bola dengan sempurna dan hanya menghasilkan gol kick. Singapura hingga menit ke-60 mampu lebih dominan mengusasi pertandingan. Hal itu direspons Shin Tae-yong dengan memasukkan Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto.

Upaya The Lions akhirnya berhasil pada menit ke-70. Bermula dari kesalahan Alfeandra Dewangga, Faris Ramli mengambil bola melaju ke sisi pertahanan Timnas Indonesia dan memberikan umpan pada Iksan Fandi, yang dipungkasi menjadi gol.

Singapura yang terus menyerang hampir membalikkan keadaan. Beruntung sundulan Safuwan Baharuddin membentur mistar gawang. Sepuluh menit menjelang laga usai, Timnas Indonesia kembali mendominasi jalannya pertandingan.

Namun upaya skuad Garuda tak ada yang membuah tambahan gol, begitu juga dengan Singapura. Skor 1-1 menjadi penutup laga. Indonesia kembali akan bertemu Singapura pada leg kedua yang akan berlangsung pada hari Sabtu 25 Desember 2021. (okz)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *