Harga Beberapa Komoditi Pertanian di Riau Pekan Ini Mengalami Penurunan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Harga beberapa komoditi pertanian di Riau spserti pinang , sagu basah, karet dan kopra mengalami penurunan. Salah contoh harga pinang kering, komoditi ini mengalami penurunan harga Rp1000 rupiah perkilogram pekan ini. Saat ini harga pinang kering per kilogram berada pada level Rp14.150 per kilogram. Tidak dijelaskan apa penyebab turunnya harga pinang kering tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, penurunan harga harga pinang kering  tersebut terjadi di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Harga pinang kering mengalami penurunan sehingga harga pekan ini sebesar Rp14.150-/kg, atau mengalami penurunan Rp1000/kg,” katanya.

Sementara itu, harga untuk produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau, seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp3.567,-/kg jug mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu.

“Untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp. 11.400,-/kg,” paparnya.

Untuk harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp 6.050/kg atau tidak mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu.

“Tepung sagu basah sebesar Rp.3.067,-/kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti atau tidak mengalami penurunan atau kenaikan harga di minggu,” jelasnya. (jm/mdc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *