Membuat Kolam Taman dengan Air Terjun

taman air terjun

LAMANRIAU.COM – Taman kolam air terjun adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah rumah. Taman bisa mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Kita bisa memanfaatkan halaman yang tersisa depan atau belakang rumah untuk jadikan sebuah taman yang indah.

Sekarang ini, taman yang paling populer di kalangan masyarakat adalah taman air terjun. Biasanya bawah air terjun terdapat kolam untuk memelihara ikan. Jika kita pecinta ikan koi, sangat cocok sekali untuk membuat kolam ikan taman.

Baca : Menanam Bunga Krisan agar Tumbuh Menawan

Untuk membuat taman air terjun tidak begitu sulit. Pertama-tama, kita harus menentukan desain untuk taman tersebut. Menggunakan desain yang minimalis, membuat tebing bahan yang digunakan adalah campuran pasir dan semen.

Rangka tebing harus menggunakan besi dalamnya supaya kokoh dan tidak mudah retak. Nantinya jika tebing sudah selesai, kita bisa menempelkan batu-batuan hias atau menggunakan tanaman hias. Untuk dinding tebing, akan lebih bagus menggunakan tanaman yang menjuntai ke kolam supaya terlihat indah.

Jika ingin menggunakan pepohonan, bisa menaruhnya samping kolam. Jangan gunakan tanaman yang daunnya gampang rontok karena nantinya akan mengotori kolam.

Jika kita memiliki halaman rumah yang kecil, bisa membuat taman air terjun yang minimalis. Ada desain tertentu yang bisa gunakan untuk halaman yang sempit. Bisa membuat taman air terjun tanpa menggunakan kolam.

Untuk pengecatan, sebaiknya menggunakan warna yang alami supaya lebih terlihat natural. Untuk mengecat tebing atau kolam, menggunakan cat yang berwarna dasar seperti merah, coklat, biru untuk dalam kolam, dan hitam. Jika nanti warnanya pudar, bisa mengecatnya kembali.

Filter Air

Salah satu alat terpenting dalam pembuatan air terjun adalah mesin pompa dan filter air. Mesin pompa supaya air dalam kolam bisa berputar dari bawah ke atas. Jika kita melihat arah aliran air terjun, airnya hanya berputar dari atas ke bawah.

Sebenarnya nanti air yang ada dalam kolam akan dipompa ke atas menggunakan mesin. Jika ingin membersihkan kolam, gunakan filter air supaya bisa menyaring kotoran. Jika memelihara ikan dalam kolam, sangat penting sekali menggunakan filter air untuk mengganti air kolam.

Tidak kalah penting untuk memperindah taman. Nantinya kalau ada tamu yang datang, salah satu tempat pertama yang akan dilihat adalah taman. Dengan adanya air terjun, membuat halaman kita semakin indah dan terlihat menarik.

Saat bersantai, kita bisa duduk sambil menikmati air terjun. Sekarang ini sudah ada tukang taman yang menerima pembuatan air terjun dan kolam, jadi kita tidak perlu susah-susah untuk mencari tukang taman. (prp)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *