Riau  

Besok, Mendagri Malaysia  Berkunjung ke Riau

Menteri Urusan Dalam Negeri Malaysia, Dato' Seri Hamzah bin Zainudin

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dijadwalkan akan menerima tamu kehormatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia, Dato’ Seri Hamzah Bin Zainudin.

Kedatangan putra keturunan Air Tiris, Kabupaten Kampar ini, direncanakan akan berkunjung ke Provinsi Riau dalam rangka kunjungan persahabatan antara Malaysia dan Indonesia.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Raja Hendra Saputra menyampaikan, dalam agendanya Dato’ Seri Hamzah Zainudin akan mengunjungi Riau pada Selasa siang 25 Januari 2022 besok.

“Iya, rencananya Dato’ Seri Hamzah Zainudin akan mengunjungi Riau besok,” ucapnya.

Raja Hendra Saputra mengatakan bahwa Pemprov Riau menyambut baik adanya rencana tersebut. Ia berharap, dengan adanya kunjungan Menteri Dalam Negeri Malaysia ke Indonesia dapat memberikan dampak yang positif bagi hubungan dua negara, khususnya untuk Provinsi Riau.

“Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, tentu kita berharap rencana kunjungan ini dapat mempererat hubungan yang baik antara Indonesia dan Malaysia, khusus antara Provinsi Riau dan Malaysia,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum berkunjung ke Riau, Dato’ Seri Hamzah Bin Zainudin ini juga telah mengunjungi Kantor Kementerian di Jakarta. Salah satunya mengunjungi Kantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), dan bertemu langsung dengan Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, Senin 24 Januari 2022 hari ini.

Dalam kunjungan itu, keduanya sepakat melakukan operasi pengawasan bersama (joint operation) untuk menekan terjadinya praktik illegal fishing yang masih saja terjadi di perairan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, khususnya wilayah perairan Selat Malaka yang masih tumpang tindih (unresolved maritime boundary).

Pengawasan bersama ini juga bertujuan memberikan edukasi kepada nelayan kedua negara, supaya tidak ada lagi penangkapan yang dilakukan oleh otoritas Malaysia terhadap nelayan Indonesia begitupun sebaliknya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *