Riau  

Vokasi Diharapkan Jadi Unggulan Pendidikan di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Peraturan Gubernur Riau tentang Program  Pendidikan Vokasi ini saat ini sudah masuk tahapan harmonisasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dijadwalkan dalam pekan ini akan dikeluarkan oleh Mendagri.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, pendidikan vokasi ini akan menjadi unggulan Riau dalam meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Mendagri mengarahkan agar bekerja lebih baik ditahun 2022 ini, dan diharapkan kualitas pembangunan juga SDM juga diharapkan ditingkatkan. Terutama pendidikan arahan beliau (Mendagri) agar pendidikan menjadi perhatian baik Provinsi maupun Kabupaten Kota,” ujar Gubri Syamsuar, Senin 24 Januari 2022.

Untuk mendukung program pendidikan vokasi ini daerah aka  memberikan beasiswa, termasuk juga kerja sama antara Kementrian pendidikan, Kementrian tenaga kerja untuk pendidikan vokasi yang ada di daerah. Riau telah melaksanakan pendidikan vokasi ini bekerjasama dengan dunia usaha.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, pihaknya bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, telah mengadakan pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kemenaker, dan Menko PMK. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan pendidikan vokasi di Provinsi Riau. 

“Kita sudah memulai pendidikan Vokasi sejak tahun 2021 ada 21 sekolah SMK di Kabupaten Kota. Di mana ada program keunggulan sekolah program langsung oleh dirjen vokasi. Dan kita sudah MoU dengan dirjen vokasi, untuk tahun 2022 ini akan dilakukan ada beberapa masih di verifikasi. Dukungan untuk pendidikan vokasi bersama, Menko PMK, Menaker, Mendikbud difasilitasi Mendagri,” jelas Kamsol.

Pendidikan vokasi sudah mengeluarkan Pergub dan sudah selesai harmonisasi di Kemendagri, minggu depan sudah keluar. “Pergub itu menguatkan kita untuk menjalankan pendidikan vokasi. Bersama Disnaker bersinergi dengan dunia insdustri pelatihan sekolah vokasi,” tambahnya.

Apa itu Vokasi? Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik. Pendidikan diploma 4 setara pendidikan sastra 1 dengan Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi.(jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *