Riau  

Mendagri Malaysia Disambut Makan Bajambau Warga Air Tiris

LAMANRIAU.COM, AIR TIRIS – Gubernur Riau H Syamsuar dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mendampingi Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato’ Seri Hamzah Bin Zainuddin saat mengunjungi Masjid Jami’ Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar Selasa 25 Januari 2022.

Kunjungan perdana Dato’ Seri Hamzah ini, merupakan kunjungan mengenang asal-usul keluarganya yang berasal dari Kabupaten Kampar. Kedatangan Dato’ Seri Hamzah disambut Ketua Kampung Air Tiris dan tetua adat setempat.

Pada pertemuan ini Dato’ Seri Hamzah mengaku bahagia mendapatkan sambutan hangat, mulai dari ketibaan di Provinsi Riau hingga sampai ke Komplek Masjid Jami’ Air Tiris. 

“Saya senang sekali pada hari ini, dan tidak menyangka kedatangan saya disambut semeriah ini. Awalnya kedatangan saya ke Air Tiris sengaja diam-diam, sekedar mengunjungi kampung halaman dari nenek saya,” ujarnya.

Dato’ Hamzah mengaku neneknya berasal dari Air Tiris, dan merantau ke Malaysia. Ia mengaku senang sekali bisa bertemu tokoh-tokoh terkemuka di sini. Tidak kalah kagum dengan seni bangunan arsitektur Masjid Jami’ Air Tiris.

“Di sini kita boleh saksikan bahwasa orang Riau itu Hebat. Terbukti dari dahulu lagi, di bangunan masjid ini yang kokoh berdiri sejak ratusan tahun lalu sekitar 1901, sampai sekarang masjid Jami’ masih kokoh. Ini menandakan orang-orang dulu hebat di zamannya. Kita pertahankan ini,” ujar  Dato’ Seri Hamzah.

Dato’ Seri Hamzah mengimbau kepada saudara-saudara yang ingin bekerja di Malaysia, dipersilakan namun yang terpenting masuk sesuai aturan atau legal.

“Memang di Malaysia beberapa jenis pekerjaan lebih banyak, silahkan saudara-saudara yang nak bekerja di Malaysia, namun mesti terbuka mengikut kaedah undang-undang,” ujar Dato’ Seri Hamzah.

Pada kesempatan itu Dato’ Seri Hamzah turut menyerahkan sejumlah uang tunai untuk bantuan bagi pengurus masjid, dan untuk melaksanakan kenduri mendoa bagi leluluhur terdahulu. 

Usai memberikan sambutan, Dato’ Seri Hamzah bersama Gubernur Riau dan Bupati Kampar dijamu makan bejambau khas Air Tiris. 

Dalam kunjungan Dato’ Seri Hamzah itu, terlihat juga Kadis Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zen, dan Kadis Pariwisata Riau Roni Rahmat serta beberapa pejabat Forkompinda Kampar. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *