Kemenag Riau Gelar Kompetisi Film Pendek Islami

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam akan melaksanakan Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) yang berlangsung dengan rentang waktu Februari-Agustus 2022 dengan tema “Ku Syiar Islam dengan Cara Ku”.

Untuk Provinsi Riau, menurut Kabid Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau yang diwakili Defizon yang merupakan Pranata Komputer Ahli Muda Pada Seksi SBI, MTQ dan Al Hadist, salah satunya membidangi Seni Budaya Islam menjelaskan, seleksi KFPI tingkat Provinsi Riau akan berlangsung bulan Juni 2022 yang akan diseleksi untuk selanjutnya ikut ke tingkat nasional. 

Kompetisi ini dibagi dalam 2 tahapan. Tahapan pertama akan dilakukan seleksi di tingkat provinsi dan seleksi kedua hasil 3 besar tingkat provinsi akan bersaing di tingkat nasional. 

“Untuk warga Riau yang berminat mengikuti KFPI seleksi akan dilaksanakan pada bulan Juni dengan beberapa persyaratan, tidak pernah diikutkan pada kompetisi sebelumnya, berisi promosi, imbauan, seruan atau informasi positif sesuai tema dengan durasi 6 – 10 menit. Jenis film dokumenter atau fiksi, menyertakan trailer dengan durasi 30 – 60 detik, mewakili daerah tempat peserta berada didasarkan pada KTP,” ujarnya, Kamis 3 Februari 2022.

Lebih lanjut Defizon mengatakan film yang ikut pada kompetisi ini wajib menggunakan logo Kementerian Agama, dan jika berbahasa daerah harus menggunakan subtitel Bahasa Indonesia serta film yang diikutsertakan pada kompetisi menjadi hak milik Dirjen Bimas Islam.

“Perlu diingat, jika penggunaan materi musik dan potongan adegan (scene) film hak cipta orang lain, harus mencantumkan sumber atau melampirkan surat izin dari pemilik karya, serta disebarkan melalui media sosial maksimal 3 judul film,” terangnya. 

“Dengan KFPI ini dapat melahirkan profesional muda bidang perfilman yang berperan dalam menguatkan kecintaan masyarakat kepada agama dan tanah air,” tutup Defizon. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *