Uni Eropa Lumpuhkan Perdagangan Rusia

LAMANRIAU.COM, BRUSSELS – Uni Eropa (UE) tidak main-main dengan ancamannya, terutama untuk melumpuhkan ekonomi Rusia. UE ternyata bukan hanya membekukan aset-aset milik bank swasta Rusia, tetapi juga aset bank sentral negara itu sehingga Rusia praktis tidak akan bisa melakukan perdagangan ekspor dan impor dengan Eropa.

Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen mengatakan rangkaian sanksi ini ditujukan untuk melumpuhkan aktivitas ekonomi Rusia sebagai balasan atas invasi militer yang dilakukan terhadap Ukraina.

“Memutus hubungan perbankan ini akan mencegah mereka [Rusia] untuk melakukan sebagian besar transaksi di seluruh dunia dan secara efektif memblokir kegiatan ekspor dan impor Rusia,” pernyataan Von Der Leyen di Brussels, Sabtu 26 Februari 2022. malam waktu setempat atau Minggu pagi WIB.

“Kedua, kami akan menghentikan Putin dalam memainkan taktik perangnya (war chest). Kami akan melumpuhkan aset-aset bank sentral Rusia,” bebernya lagi.

“Semua ini akan membekukan transaksi. Dan akan mustahil bagi bank sentral untuk melikuidasi aset-asetnya,” pungkasnya. ***

Editor: Zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *