Tanaman Jambu Lilly Pilly, Indah dan Menghasilkan

LAMANRIAU.COM – Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang saat ini menjadi buah favorit bagi masyarakat Indonesia. Dinamakan jambu air karena buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup banyak, bahkan kadar air yang ada di dalamnya bisa mencapai 93 persen. Kandungan air yang melimpah inilah yang membuat jambu air banyak disukai oleh masyarakat.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis buah jambu air, namun pernahkah mendengar tentang jambu air lilly pilly?

Jika belum, hal tersebut wajar saja karena jambu air yang satu ini bisa dibilang masih sangat langka dan belum banyak beredar di masyarakat. Namun bagi kamu para pecinta tanaman buah dan tanaman hias pastinya sudah sangat akrab dengan jambu yang satu ini.

Kok tanaman hias? Karena selain dapat menghasilkan buah, tanaman jambu air lilly pilly ini jika diperhatikan memiliki penampilan yang sangat eksotis sehingga juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Buah jambu air lilly pilly berbentuk bulat, tumbuh bergerombol, dan berukuran kecil sehingga terlihat sangat imut dan menggemaskan.

Selain itu, buahnya yang sudah matang juga memiliki warna yang sangat cantik, yakni berwarna pink magenta. Untuk soal rasa, buah jambu air lilly pilly memiliki citarasa yang manis dan lezat. Bahkan banyak orang yang mengatakan rasa dari jambu air ini mirip seperti rasa buah apel.

Unik bukan? Nah, selain dapat dikonsumsi langsung, daging buah jambu air ini juga dapat diolah menjadi selai dan jelly.

Ketika buahnya dibelah, kamu akan menjumpai daging buah yang berwarna pink keputihan, terlihat padat, dan bertekstur renyah, lengkap dengan biji kecil berwarna kecokelatan. Tak hanya buahnya saja yang unik, bahkan hampir semua bagian dari tanaman jambu air lilly pilly ini memiliki tampilan yang dapat memanjakan mata.

Pohonnya berukuran tidak terlalu besar, tumbuh tegak, batangnya berkayu dan berwarna kecokelatan dengan percabangan yang banyak.

Nah, yang paling membuat jambu air ini menjadi sangat menawan adalah daunnya. Daun jambu air lili pili ini memiliki ukuran yang lebih kecil, berwarna hijau tua, bentuknya lebih ramping dengan ujung meruncing dan terlihat sangat rimbun.

Untuk bunganya sendiri mirip seperti bunga jambu air pada umumnya yang berwarna putih, berukuran tidak terlalu besar, dengan benang sari yang tumbuh memanjang sehingga terlihat seperti benang-benang yang halus. Seiring dengan berjalannya waktu, bunga ini akan terus berkembang menjadi buah jambu air lili pili yang cantik dan lezat.

Tanaman jambu air lilly pilly sendiri adalah tanaman yang berasal dari suku aborigin yang merupakan penduduk asli benua Australia. Meskipun bukan berasal dari Indonesia, namun tanaman yang memiliki nama ilmiah Syzygium Paniculatum ini dapat tumbuh subur di tanah air kita tercinta ini. Pohon jambu air lili pili dapat tumbuh pada daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi mencapai 1000 mdpl.

Media tanam yang bisa digunakan untuk penanaman bibit jambu air ini adalah campuran tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Penanaman bibit jambu air lilly pilly sebaiknya dilakukan pada lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Hal ini bertujuan agar proses fotosintesis dapat berjalan lancar.

Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup, bibit jambu air ini juga bisa ditanam di dalam pot untuk diletakan di pekarangan rumah. Selain lebih menghemat tempat, menanam jambu air lilly pilly sebagai tabulampot juga lebih memudahkan kita dalam merawat dan memantau perkembangan tanaman. Untuk perawatannya sendiri cukup lakukan penyiraman setiap dua kali sehari (pagi dan sore).

Selain itu, lakukan juga pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK daun. Jika dirawat dengan baik, bibit jambu air lilly pilly hasil cangkok/okulasi biasanya akan mulai berbuah dalam waktu 1 – 2 tahun sejak penanaman. Ketika sudah berbuah, perpaduan antara warna buahnya yang cantik dengan daunnya yang hijau nan rimbun pasti mampu menambah nilai estetika di rumah.

Tak hanya lezat dan cantik dilihat, buah jambu air lily pilly ini juga mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan kalsium di dalam buahnya. Manfaat jambu air lili pili untuk kesehatan diantaranya :

1. Mencegah dehidrasi

2. Meningkatkan kesuburan pria

3. Menyehatkan mata

4. Meremajakan kulit

5. Melancarkan sistem pencernaan

6. Mencegah osteoporosis

7. Membersihkan racun pada hati dan ginjal

8. Menyehatkan ibu hamil

9. Mencegah kanker payudara

10. Menurunkan kolesterol

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *