Menanam Bunga Kalanchoe agar Subur dan Sehat

Kalanchoe

LAMANRIAU.COM – Tanaman kalanchoe memiliki bunga kecil yang tumbuh rimbun meskipun ditanam dalam pot. Ukurannya yang kecil menjadikan bunga ini cocok sebagai hiasan pada meja ruang tamu, meja makan maupun meja kerja.

Tanaman ini memiliki warna yang cukup beragam seperti merah, orange, kuning dan ungu kamu bisa menempatkan bunga-bunga ini dalam maupun luar rumah.

Baca: Tanaman Jambu Lilly Pilly, Indah dan Menghasilkan

Tanaman yang termasuk jenis sukulen ini juga dikenal dengan sebutan cocor bebek atau suru bebek karena daunnya yang tebal. Selain sebagai bunga hias, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti mengobati demam, sakit kepala, bisul dan eksim. Nah tentu akan sangat bermanfaat jika kamu menanamnya dalam pekarangan rumah.

Melansir dari Home Guides, berikut cara menanam bunga kalanchoe agar terus berbunga.

Pemilihan pot

Kalanchoe yang ditanam dalam pot dan diletakkan sebagai tanaman hias indoor memiliki kebutuhan perawatan yang sama dengan yang ditanam luar rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan media tanam pot tanah liat karena memilikia aerasi yang baik. Selain itu pilih pot dengan lubang drainase air yang baik. Kamu juga bisa menambahkan kerikil pada media tanam agar bunga lebih subur.

Proses penanaman

Jika kamu ingin menanam kalanchoe, pilih tempat yang terpapar banyak sinar matahari. Tanam pada tanah pasir yang ringan, kamu juga bisa menggunakan campuran tanah khusus kaktus agar media tanam tidak terlalu berat untuk kalanchoe.

Tanaman ini mudah sekali tumbuh, bahkan hanya dengan daunnya. Daun yang jatuh ketanah akan tumbuh serabut akar halus yang bisa kamu tanam kembali.

Buatlah lubang kecil pada media tanam, lalu masukkan akar kalanchoe ke dalam lubang. Isi area sekitar lubang dengan media tanam sehingga akar tertutup tanah.

Penyiraman

Agar tanaman kalanchoe tumbuh dengan sehat dan segar, sebaiknya lakukan penyiraman rutin. Siram saat tanah sudah mulai kering untuk menghindari akar yang membusuk karena lembab. Sebaiknya, siram langsung sekitar tanah dan jangan membasahi daunnya agar tidak kelebihan kadar air dan layu. Berikan jeda pada setiap penyiraman untuk emnghindari busuk akar.

Perawatan

Jika kamu menemukan bunga kering atau daun yang sudah menguning pada tanaman kalanchoe, sebaiknya segera pangkas bagian yang sudah layu dan mati. Ini dapat merangsang produktifitas tumbuhnya bunga yang dapat mekar sepanjang tahun. Saat bunga sudah mulai muncul, sebaiknya kurangi penyiraman.

Pemupukan

Selama periode pertumbuhan bunga baru, berikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan bunga. Hindari pemberian pupuk yang terlalu berlebihan karena akan membuat kalanchoe mati. Kamu bisa menggunakan pupuk khusus bunga atau daun. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *