Sempena HBP ke-58, ASN Lapas Telukkuantan Gelar Kegiatan Donor Darah

Petugas Lapas Kelas IIB Telukkuantan usai mengikuti kegiatan donor darah.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju”, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melaksanakan rangkaian acara yang dimulai pada 11 Maret sampai dengan 27 April 2022.

Salah satunya adalah kegiatan donor darah yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Kamis 24 Maret 2022. Lapas Kelas IIB Telukkuantan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuantan Singingi mengajak seluruh jajaran untuk menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan.

Kepala Lapas Kelas IIB Telukkuantan, Bejo, AMd.IP, SH., MH didampingi Kepala Pengamanan Lapas (Ka.KPLP), Aldino Octalaperta, SH dan Kasibinadik & Giatja, Yasir Arapat, S.sos menyampaikan, kegiatan amal ini dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah Telukkuantan.

Donor darah dalam rangka HBP ke-58 ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan solidaritas sosial serta merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesehatan.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah berpartisipasi, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan bagi Lapas Telukkuantan ini khususnya dan Pemasyarakatan umumnya yang sangat kita cintai ini,” kata Bejo.

Kalapas Telukkuantan menjadi petugas  pertama yang mendonorkan darahnya, kemudian disusul pegawai lainnya dengan antrean menerapkan protokol kesehatan.

Petugas UTD RSUD Telukkuantan memulai alur pelaksanaan donor darah dari cek HB (Haemoglobin), cek golongan darah, cek tensi dan konseling dokter, proses pengambilan darah, dan penyelesaian administrasi serta pemberian vitamin.

Terpantau sebanyak 40 orang petugas Lapas Telukkuantan yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan donor darah ini, namun setelah melalui proses screening hanya 15 orang saja yang dapat menyumbangkan darahnya.

Kedepannya, Lapas Kelas IIB Telukkuantan akan berusaha melaksanakan kegiatan kemanusiaan ini karena selain untuk menyehatkan tubuh, juga dapat menolong sesama yang membutuhkan. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *