Hewan-hewan yang Mempraktikkan Hubungan Sejenis

LAMANRIAU.COM – Hewan yang kawin sesama jenis juga menjadi fenomena alam yang ternyata banyak dijumpai. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan sekitar 1.500 spesies hewan diketahui mempraktikkan hubungan sesama jenis, mulai dari serangga, ikan, burung, dan mamalia. Setiap peneliti telah menggambarkan kawin sesama jenis pada hewan sebagai sesuatu yang sama sekali berbeda dari seks.

Harus disadari bahwa hewan dapat berhubungan seks dengan siapa mereka mau, kapan pun mereka mau dan tanpa mempertimbangkan itu jantan atau betina. Perilaku hewan yang kawin sesama jenis ditemukan di antara burung dan mamalia sosial, terutama mamalia laut dan primata. Berikut 10 hewan yang kawin sesama jenis yang dikutip dari Situs DW:

1. Jerapah

Hewan berleher panjang ini diketahui lebih banyak melakukan kawin sesama jenis daripada lawan jenis. Faktanya, penelitian mengatakan kawin sesama jenis menyumbang lebih dari 90 persen dari semua aktivitas seksual yang diamati . Mereka tidak hanya langsung kawin, jerapah jantan tahu cara menggoda, pertama-tama menyentuhkan leher satu sama lain. Lalu dengan lembut menggosok leher hingga sepanjang tubuh jantan lainnya. Foreplay ini bisa berlangsung hingga satu jam.

2. Lumba-lumba Hidung Botol

Baik lumba-lumba hidung botol betina dan jantan menunjukkan perilaku kawin sesama jenis. Termasuk tindakan oral di mana satu lumba-lumba merangsang yang lain dengan moncongnya.

Di dunia lumba-lumba hidung botor, aktivitas kawin sesama jenis terjadi dengan frekuensi yang hampir sama dengan permainan heteroseksual. Lumba-lumba hidung botol jantan umumnya biseksual tetapi mereka mengalami periode menjadi homoseksual secara eksklusif.

3. Singa

Kawin sesama jenis juga umum di antara singa. Dua hingga empat jantan sering membentuk apa yang dikenal sebagai koalisi, di mana mereka bekerja sama untuk mengawini singa betina. Untuk memastikan kesetiaan, singa jantan memperkuat ikatan mereka dengan berhubungan seks satu sama lain. Banyak peneliti menyebut perilaku ini sebagai “bromance” klasik daripada pasangan homoseksual.

4. Bison

Aktivitas kawin sesama jenis antara bison jantan lebih umum daripada kopulasi heteroseksual. Itu karena banteng betina hanya kawin dengan banteng jantan sekitar setahun sekali. Selama musim kawin, pejantan yang mendapatkan dorongan untuk melakukan aktivitas sesama jenis beberapa kali sehari. Jadi, lebih dari 50 persen bison jantan muda melakukan aktivitas kawin sesama jenis menunggu bison betina siap kawin dengan mereka.

5. Kera

Kera betina dan kera jantan juga terlibat dalam aktivitas kawin sesama jenis. Tapi kera jantan biasanya hanya melakukannya untuk satu malam, sedangkan betina membentuk ikatan yang kuat satu sama lain dan biasanya monogami.***

Editor :  Zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *