Silaturahmi Kepala Balai TNBT dengan Bupati Inhu Bahas Wisata dan Hewan Dilindungi

Bupati Kabupaten Inhu Rezita Meylani Yopi, SE menerima Kepala Balai TNBT Fifin Arfiana di ruang kerja Bupati.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, SE didamping Asisten Administrasi Umum,  Dra. Hj. Erlina Wahyuningsih, M.IP menyambut hangat kunjungan silaturahmi Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Fifin Arfiana di ruang kerja Bupati, Senin 4April 2022 siang.

Dalam silaturahmi tersebut dibahas diantaranya terkait hewan liar dilindungi yang meresahkan beberapa tempat seperti gajah liar yang sedang berkeliaran di Kecamatan Rengat. Kepala Balai TNBT Fifin Arfiana menjelaskan, gajah tersebut adalah gajah jantan yang beranjak dewasa yang bersaing dengan gajah jantan dewasa lainnya dan tidak diterima di kelompoknya.

“Solusi untuk menghadapi gajah liar tersebut agar tidak menimbulkan korban, jangan dilawan atau diusir, tapi cukup dengan menghindar, karena kita belum tau karakternya. Jika dia merasa terancam akan bisa membahayakan masyarakat itu sendiri,” jelas Fifin.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dibahas tempat wisata alam dan rencana pengelolaannya, tentang peraturan-peraturan dan izin pengeksposan ke media.

“Masalah sarana dan prasarana lainnya, seperti jalan hanya dibutuhkan perbaikan sedikit, agar tidak mengubah kealamian serta lingkungannya serta tempat tinggal wisatawannya diarahkan ke rumah-rumah warga itu sendiri yang hanya butuh renovasi saja, maka rumah-rumah warga tersebut bisa disewakan,” ujarnya.

Bupati perempuan pertama di Inhu pada silaturahmi tersebut juga sempat membahas kembali program air nira dan madu asli dari Suku Talang Mamak yang diolah menjadi gula aren dan sebagainya.

Rezita berharap sebelum jalan tol selesai, tempat-tempat wisata di Kabupaten Inhu sudah terealisasi karena Kabupaten Inhu termasuk tempat strategis yang dilalui oleh jalan tol tersebut.

“Hal ini dapat menjadi tempat singgah dan tujuan orang luar untuk berkunjung ke Kabupaten Inhu yang juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat disekitarnya,” harapnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *