Aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Ajukan Enam Tuntutan kepada Jokowi

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini Senin 11 April 2022 menggelar demonstrasi di seputar Kompleks Gedung DPR MPR RI.

Ada 6 tuntutan para mahasiswa, salah satu tuntunan mahasiwa ini adalah agar pemerintah Jokowi segera ungkap tuntas mafia minyak goreng.

Aksi demo ini digelar dengan serempak dari gabungan seluruh BEM perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Ada  dua lokasi yang menjadi titik demonstrasi. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya menutup Jalan Medan Merdeka Barat dari Patung Kuda sampai Harmoni mulai pukul 09.00 WIB. Kemudian, dari Gambir menuju Istana Negara, Jalan Veteran 1, Jalan Veteran 2, Jalan Veteran 3 samping Bina Graha juga akan ditutup.

“Sementara untuk lalu lintasnya kita alihkan balik arah ke Budi Kemuliaan maupun ke Jalan Medan Merdeka Selatan,”ujarnya.

“Ya jadi diperkirakan hari ini memang ada dua titik pengumpulan masa. Titik pertama massa yang akan berunjuk rasa ke Istana Negara namun memang kami akan tahan disini karena memang ada aturan tidak boleh unjuk rasa 500 meter dari objek vital,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan.

Dikutip dari PMJ News, masyarakat diimbau agar tidak melewati kawasan Patung Kuda dan DPR RI selama aksi demonstrasi berlangsung

Sambodo mengimbau agar masyarakat dapat menghindari kawasan mulai Monas dari Patung Kuda, Harmoni, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Utara, dan Gambir, penutupan jalan sifatnya situasional.

Jika unjuk rasa berlangsung tertib maka jalur busway akan tetap terbuka dan operasional.

Sementara itu para mahasiswa akan menyampaikan enam tuntunan yang diperjuangkan mereka pada aksi demo BEM SI, 11 April 2022 ini.

Inilah 6 tuntutan yang diajukan para mahasiswa kepada Jokowi, di aksi demo tersebut sebagai berikut:

1. Mahasiswa mendesak Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah, serta dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial ekologi, dan kebencanaan.

2. Mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo bersikap tegas menolak dan memberikan pertanyaan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode, karena sangat jelas mengkhianati konstitusi.

3. Mahasiswa menyinggung soal bahan pokok dan kelangkaan minyak goreng. Presiden Jokowi untuk bisa menstabilkan harga dan ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

4. Mahasiswa meminta Presiden Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait

5. Mahasiswa juga menuntut penyelesaian konflik Agraria.

6. Mahasiswa meminta presiden dan wakil presiden berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Itulah 6 tuntutan kepada Jokowi dari para mahasiswa seluruh Indonesia yang bersatu dalam BEM SI meminta diperhatikan oleh kepala Negaranya.***

Editor   : Zulfilmani
Sumber: pikiranrakyat.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *