Riau  

Lantunan Ayat Alquran Bakal Menggema di Pinggiran Jalan Diponegoro

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ini mungkin adalah pemandangan perdana di Provinsi Riau, lebih seribu orang bakal melantunkan bacaan ayat suci Alquran di trotoar Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Minggu 17 April 2022 mendatang. Gerakan Riau Mengaji ini dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan pada Alquran di Bumi Melayu.

Inisiator Riau Mengaji, dr. Diana Thabrani mengungkapkan, kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Wakaf Alquran (BWA) tersebut adalah yang pertama, menarik minat masyarakat untuk kembali membumikan Alquran sebagai bagian dari kehidupan, serta dalam rangka Nuzul Quran bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

“Kegiatan ini nanti akan dimulai pagi hari dari pukul 06.30 sampai dengan pukul 08.00 WIB. Semua peserta berkumpul membentuk kelompok-kelompok di trotoar Jalan Diponegoro, setiap kelompok akan dibimbing satu orang guru,” sebut dr. Diana Thabrani, Senin 11 April 2022.

Dipilihnya pinggiran Jalan Diponegoro untuk penyelenggaran, Diana Thabrani beralasan selain sebagai pusat jantung kota Pekanbaru, juga mengubah citra kawasan ini yang selama ini dimanfaatkan untuk para pemuda balapan liar, muda-mudi pacaran, dan berolahraga pagi dengan aurat terbuka, jadi kawasan sejuk dengan lantunan ayat suci.

Menurutnya, ini adalah murni kegiatan syiar tanpa berbicara politik, kepentingan dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini, Ia berharap mendapat respon dari masyarakat untuk kembali mencintai dan mengamalkan Alquran sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah, kita ingin semakin banyak masyarakat Riau membaca Alquran. Jangan sampai ada masyarakat Riau yang tak pandai membaca Alquran. Mudah-mudahan acara ini sukses nantinya,” tambah Diana Thabrani.

Aktifitas perempuan Riau ini mengatakan, kegiatan terbuka untuk masyarakat umum. Semua peserta yang hadir akan diberikan fasilitas seperti sarapan pagi. Untuk itu Ia mengundang seluruh lapisan masyarakat, majelis taklim, rumah tahfiz, pondok pesantren dan pengurus masjid untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Ini bukan sekali ini saja, Insyaallah setelah lebaran kedepan kegiatan serupa akan berlanjut terus menerus. Mari kita semarakkan bumi Riau ini dengan lantunan Alquran,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *