Dispora Pekanbaru Segera Bangun Venue Sepatu Roda

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru, M. Zulfikri SH.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru sudah merencanakan untuk membangun venue sepatu roda. Direncanakan, lokasi venuenya di samping kawasan Sport Center Tenayan Raya, Pekanbaru.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru M Zulfikri SH menyampaikan, luas lahan yang disiapkan untuk venue sepatu roda tersebut sekitar satu hektar.

“Tahun 2022 ini, Dispora sudah memasukkan anggaran untuk pembebasan lahannya. Dalam masterplan Sport Center sebelumnya, tidak termasuk. Makanya tahun 2022 ini akan kita lakukan pembebasan, serta pembuatan DED. Mudah-mudahan, di APBD perubahan 2022 nanti, sekurang-kurangnya lintasan sudah bisa dibangun. Sehingga anak-anak sudah bisa latihan di sana,” kata Kadispora, Senin 11 April 2022) kemarin.

Dari rencana dan maket yang disiapkan, sebut Zulfikri, venue sepatu roda tersebut akan dibuat venue indoor. Tentunya dengan standar nasional. Tujuannya semata-mata, agar atlet bisa latihan lebih maksimal, dan tidak terhambat karena cuaca.

Eks Kepala DLHK Pekanbaru ini mengaku miris melihat atlet yang selama ini latihan dengan venue seadanya. Bahkan hanya menggunakan lapangan parkir dan halaman sebuah gedung. Jika atlet ingin latihan di venue standar nasional, terpaksa ke luar daerah, yakni Kabupaten Siak Sri Indrapura.

“Sedih kita melihatnya. Padahal kita ibukota provinsi, yang sangat banyak atlet berprestasi. Namun venuenya tak ada. Makanya venue ini target prioritas kita untuk dibangun,” janjinya.

Hal yang sama ditambahkan Kabid Sarpras Dispora Pekanbaru Zul Edi. Katanya, anggaran untuk pembebasan lahan sudah masuk dipergeseran anggaran tahun 2022. Tahap selanjutnya, dilakukan pembebasan lahan dan pembuatan DED pembangunan venue. Pada APBD perubahan 2022, baru dibangun lintasannya.

“Sedangkan untuk venue Indoor, kita usahakan menggunakan APBD Pekanbaru 2023. Namun semua ini perlu dukungan dari semua pihak, demi kemajuan prestasi cabor ini ke depan,” terangnya.

Ketua Pengkot Perserosi Pekanbaru Zulfikri SH memberikan apresiasi yang tinggi, dengan rencana yang sudah dibuat Dispora Pekanbaru. Sebab, saat ini para atlet sepatu roda sangat kesulitan untuk latihan, karena tidak ada venue.

“Alhamdulillah, ini kabar gembira buat kami keluarga besar Perserosi. Tentunya ini menjadi semangat bagi kami, untuk latihan lebih giat lagi. Insya Allah target kami, Kota Pekanbaru jadi gudang atlet berprestasi dan kiblat sepatu roda di Riau, termasuk di zona Sumatera,” sebut Zulfikri.

Untuk diketahui, saat ini di Pekanbaru ada 9 klub sepatu roda, yang terdiri dari 300 atlet. Agenda para atlet ini, hampir setiap hari latihan rutin.

“Kami juga sangat mengharapkan dukungan semua pihak, baik Pemko, DPRD, hingga dunia usaha lain, untuk memberikan perhatian untuk kemajuan cabor ini, demi nama baik Kota Pekanbaru di kancah nasional dan internasional,” harapnya. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *