Pepes Kerang Bumbu Merah yang Sangat Nikmat dan Spesial

Pepes Kerang

LAMANRIAU.COM – Masakan dengan bahan dasar kerang merupakan salahsatu jenis seafood yang banyak diminati orang-orang. Bagi penggemar seafood khususnya kerang, pasti sudah sangat mengetahui jika kerang memiliki segudang kebaikan di balik nikmat rasa dagingnya.

Namun memang harus tetap berhati-hati memilih bahan, sebab jika tidak pandai memilih dan mengolahnya, kerang justru memiliki kandungan yang membahayakan kesehatan. Oleh karena itu ada baiknya jika mencoba membuat sajian kerang sendiri di rumah, selain bisa mengawasi kualitas bahan, juga bisa membuat variasi menu dengan konsep dan selera masing-masing.

Baca: Menu Buka, Resep Dadar Gulung Isi Tapai

Kali ini, menu dari Selerasa.com adalah pepes kerang bumbu merah yang sangat lezat dan menggugah selera makan. Apalagi disajikan menjelang berbuka puasa hari ini. Dengan teknik memasak pepes kemudian bumbu merah, kamu bisa mendapatkan sebuah sajian sepesial.

Untuk Porsi 2 Orang

Bahan-Bahan

– 250 gram kerang darah, yang segar
– 1 ruas jahe, memarkan
– 4 buah cabai rawit merah, iris serong
– 100 gram buah kelapa, kemudian parut
– 2 lembar daun salam
– 1 sendok makan air larutan asam
– 750 ml air
– 5 lembar daun salam, iris tipis
– Daun pisang, secukupnya

Bumbu Halus

– 3 siung bawang putih
– 6 butir bawang merah
– 4 buah cabai merah besar
– 6 buah cabai merah keriting
– 3 butir kemiri, sangria
– 3 sendok teh gula merah
– 2 sendok teh garam

Langkah dan Cara Membuat

Siapkan kerang darah kemudian kupas dan ambil bagian dagingnya. Cuci bersih bawah air mengalir. Siapkan panci dan air kemudian rebus kerang sampai air mendidih bersama dengan jahe dan daun salam. Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan.

Gunakan blender atau ulakan dan haluskan bahan-bahan bumbu halus yang sudah persiapakan. Masukan dalam sebuah wadah dan campur kerang tersebut bersama dengan kelapa parut, bumbu halus, air asam dan cabai rawit.

Aduk semu bahan tersebut sampai benar-benar merata. Setelah adonan siap bisa melanjutkan proses pengolahan dengan menggelar daun pisang, kemudian letakkan 2 sendok makan adonan atas daun tersebut.

Tambahkan potongan daun salam ke dalam adonan tersebut, lalu bungkus dan lipat daun tersebut. Setelah semua bahan tersebut siap, lalu kukus bahan makanan tersebut ke dalam panci selama kurang lebih 30 menit, sampai pepesan benar-benar matang.

Setelah matang kemudian angkat pepesan tersebut dan sajikan ke atas piring selagi masih hangat agar lebih nikmat.

Demikian resep masak dari pepes kerang bumbu merah yang sangat mantap dan nikmat. Menu ini juga memiliki rasa yang cukup pedas, sehingga sajian ini cukup mantap untuk disajikan kepada penyuka sajian bercitarasa pedas. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *