Sukses Tercapai, Raih Penghargaan Pemberian Vaksinasi Masyarakat Pekanbaru

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menerima penghargaan dari Kepolisian Republik Indonesia atas pencapaian vaksin tertinggi di Provinsi Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima penghargaan dari Kepala Kepolisian Indonesia atas kerja keras menyukseskan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Pekanbaru merupakan daerah dengan pencapaian tertinggi vaksinasi untuk Provinsi Riau, bahkan melebihi target.

Penghargaan itu diserahkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono kepada Walikota Pekanbaru Firdaus di halaman Kampus Pascasarjana Universitas Riau (Unri), Pekanbaru, Kamis 24 Maret 2022 lalu. Di mana Pekanbaru dengan capaian vaksinasi umum dosis 1 hingga 115,14 persen, tertinggi di Provinsi Riau.

Capaian itu juga terealisasi lantaran Pemko Pekanbaru memiliki program vaksinasi ke seluruh kecamatan dengan menyediakan bus keliling. Kemudian melakukan vaksinasi massal di pusat keramaian seperti mall, hotel, dan tempat ibadah serta vaksinasi door to door.

“Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakapolri yang memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNRI. Beliau juga menyaksikan vaksinasi massal serentak,” ujar Firdaus.

Wakapolri juga memberikan penghargaan kepada kabupaten dan kota yang pencapaian vaksinasinya tertinggi di Riau. Pekanbaru mendapatkan penghargaan sebagai kota dengan capaian vaksinasi tahap pertama di atas seratus persen.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama tim vaksinasi Kota Pekanbaru, baik oleh Polri, TNI, Pemprov Riau, dan tim Pemko Pekanbaru maupun relawan vaksinasi dari berbagai kalangan mulai dari paguyuban hingga lembaga pendidikan. Prestasi yang diperoleh hari ini tentunya atas keseriusan pemerintah dan dukungan dari masyarakat,” ungkap Walikota.

Menurutnya, dengan kerja tim yang padu, Pemko Pekanbaru bisa memberikan edukasi vaksinasi kepada masyarakat. Dengan begitu, kekebalan kelompok akan terwujud.

Namun, berdasarkan pemetaan yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Pekanbaru, jumlah kasus alami penurunan. Tambahan kasus positif harian hanya berkisar dibawah lima kasus.

Kondisi ini membuat Kota Pekanbaru ditetapkan pemerintah pusat turun dari PPKM level 3 menjadi Level 2. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru mencatat ada 488 kasus aktif saat ini. Ada penurunan sebanyak 243 kasus aktif dalam dua pekan ini.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan kasus usai libur mudik lebaran 2022.

Ia mengatakan, bahwa dirinya berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah agar kasus covid-19 tidak meningkat jelang mudik Lebaran.

Tim vaksinasi juga menggesa capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga. Capaian vaksinasi booster di Kota Pekanbaru masih berkisar 21,41 persen.

Sementara itu capaian vaksin anak dan lanjut usia atau lansia juga sudah hampir 70 persen. Tim bakal menggesa capaian vaksinasi, guna menghadapi libur mudik lebaran.

Kejar Target Vaksin Booster

Sementara itu guna mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh vaksin. Pemerintah Kota Pekanbaru bakal membuka layanan vaksinasi Covid-19 saat malam hari. Apalagi sudah ada aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat, salah satu syarat untuk perjalanan mudik melalui udara wajib vaksinasi booster atau dosis tiga.

“Ini untuk membantu saudara-saudara kita agar bisa memperoleh vaksin booster untuk syarat mudik,” terang Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru telah diminta agar membuat kegiatan vaksinasi malam hari. Melalui sejumlah fasilitas kesehatan yang tersedia, para vaksinator diminta bertugas hingga malam hari.

Ayat juga telah meminta langsung ke Kepala Diskes agar faskes membuka layanan vaksin hingga malam hari. Walaupun tidak seluruh faskes, namun ada beberapa faskes yang harus melayani vaksinasi hingga malam hari.

“Ada beberapa faskes yang mudah dijangkau masyarakat. Nanti dibuatkan jadwal para tenaga kesehatan kita itu bisa sampai malam,” pungkasnya. (ADV)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *