Gajah Liar Rusak Kebun Warga Kuala Cenaku

Tangkapan layar video yang direkam warga Sekayan, Teluk Sungkai, Kuala Cenaku terhadap aktifitas gajah liar yang merusak perkebunan warga setempat.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Dua ekor gajah liar dikabarkan telah merusak kebun masyarakat di Desa Teluk Sungkai, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Dikatakan salah seorang warga Dusun Sekayan Deras Hendra Saputra, gajah tersebut sudah sejak seminggu lebih berkeliaran dan merusak kebun sawit di Sungai Cenaku, dan perkebunan sawit warga setempat.

“Saya sempat video-kan gajah itu, dan mengambil foto kebun-kebun warga yang dirusak gajah liar itu,” kata Henda Minggu 17 April 2022.

Hendra berharap aparat berwenang segera mengambil tindakan terhadap gajah liar itu. Ia juga menyebutkan masalah ini sudah disampaikan kepada Kepala Desa Teluk Sungkai.

Terpisah, Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara melalui sambungan telepon selulernya menyebutkan, laporan terhadap gajah di Sungai Cenaku tersebut telah masuk dan dalam proses penanganan.

“Ya, sudah kita proses, dan tim kita sudah kesana untuk mengambil sampel kotoran dari gajah itu guna melihat DNA-nya,” ujar Fifin Arfiana Jogasara.

Diterangkan, bahwa penanganan gajah ini tidaklah mudah dan memerlukan waktu. “Mohon bersabar ya, kami akan bekerja secepatnya, karena ini butuh proses,” pinta Fifin.

Fifin menerangkan bahwa gajah yang melakukan pengrusakan kebun warga di Desa Teluk Sungkai, Sungai Cenaku tersebut adalah gajah jantan yang memisahkan diri dari kelompoknya.

“Sudah digiring ke kelompoknya, tetap saja memisahkan diri, dan jumlahnya ada dua ekor,” pungkas Fifin Arfiana.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *