Serabi Nangka yang Harum dan Menggiurkan

Serabi Nangka

LAMANRIAU.COM – Dari sekian banyak kue tradisional Indonesia, serabi pasti selalu menjadi salah satu pilihan yang paling digemari. Sudah tidak diragukan lagi, kepopuleran kue serabi sudah banyak dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia.

Banyak yang berpendapat bahwa kue serabi berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan sebagai bahan baku utamanya. Meskipun cita rasa dari serabi sendiri sebenernya cukup sederhana dengan rasa gurih dan tekstur yang lembut.

Baca: Woku Belanga untuk Menu Santapan Sahur

Untuk memperkaya cita rasanya, serabi biasanya lengkap dengan bahan baku tambahan lain sebagai topping atau bahkan saus. Selain serabi dengan cita rasa asin, juga dapat menemukan serabi dengan rasa manis. Biasanya serabi dengan cita rasa manis dengan bentuk yang lebih kecil dan berwarna hijau dengan aroma pandan.

Untuk menambah kelezatannya, serabi manis dapat lengkapi dengan saus gula merah. Kali ini, kita akan membuat resep serabi nangka yang tentunya dapat kamu jadikan sebagai varian rasa serabi untuk disajikan sebagai cemilan tradisional berbuka puasa.

Berikut resep serabi nangka dari Selerasa.com. Kue dengan bahan baku utama tepung beras dan santan ini memang banyak penggemar karena rasa lezatnya yang sederhana.

Untuk Porsi 15 Buah

Bahan-bahan

– 300 gram tepung beras
– 600 ml santan hangat
– 200 gram gula pasir
– 1 butir telur kocok lepas
– 100 gram tape singkong halus
– 3/4 sdt garam
– 1 sendok teh essens nangka
– 1/2 sendok teh ragi
– 30 ml air hangat

Bahan untuk Saus

– 300 ml santal kental
– 50 gram gula merah, sisir
– 1/2 sendok teh garam
– 1 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

Pertama kita buat biangnya terlebih dahulu. Siapkan mangkuk kecil, campurkan ragi instant dengan air hangat. Diamkan selama sekitar 10 menit sampai terlihat berbusa. Dalam wadah terpisah berukuran sedang, campurkan tepung beras, garam, dan tape. Uleni hingga terbentuk adonan yang kalis.

Tuangkan setengah bagian santan secara perlahan-lahan sambil terus uleni selama sekitar 15 menit hingga benar-benar merata. Tambahkan gula pasir, uleni terus adonan hingga gula larut.

Tuangkan campuran biang ke dalam adonan, aduk hingga rata. Masukkan sisa santan, telur yang sudah kocok lepas, dan essens nangka lalu aduk dengan menggunakan whisk hingga semua bahan tercampur rata.

Diamkan adonan selama sekitar satu jam hingga mengembang. Siapkan wajan atau cetakan serabi lalu panaskan dengan api besar. Tuangkan adonan serabi sebanyak satu sendok sayur, setelah tampak buih-buih kecilkan api lalu tutup cetakan dan tunggu hingga serabi matang. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan habis.

Cara Membuat Saus

Siapkan panci kecil, campurkan semua bahan lalu aduk hingga merata atas api kecil. Biarkan hingga dingin. Sajikan serabi dengan siram saus gula merah atasnya. Aroma nangka pada resep serabi manis tersebut tentunya semakin membuat kita ingin segera mencicipinya.

Kamu dapat menyajikan serabi nangka untuk cemilan atau jamuan pada acara tertentu. Selamat membuat serabi nangka ala rumah. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *