Resep Es Selendang Mayang untuk Takjil

Es Selendang Mayang

LAMANRIAU.COM – Es selendang mayang adalah minuman khas dari Betawi. Dalam minuman ini terdapat tambahan kudapan yakni agar-agar hunkwe. Rasa dari minuman ini manis dan sedikit gurih. Ditambah dengan es batu tentu akan sangat menyegarkan di tenggorokan.

Kamu bisa menyajikannya untuk menu takjil saat buka puasa. Jika ingin mencoba menyajikan es selendang mayang untuk rumah, tidak perlu membelinya sebab bisa mencoba membuatnya sendiri.

Baca: Serabi Nangka yang Harum dan Menggiurkan

Berikut ini resep dan cara membuat es selendang mayang untuk takjil buka puas dari Selerasa.com.

Untuk 4 Porsi

Bahan-bahan

– 100 gram tepung sagu tani
– 100 gram tepung hunkwe
– 1 liter air
– Pewarna makanan hijau secukupnya
– Pewarna makanan merah secukupnya
– Es batu secukupnya

Bahan Saus Gula

– 200 ml air
– 200 gram gula merah
– 1 lembar daun pandan

Bahan untuk Kuah Santan

– 500 ml santan
– 1 sendok teh garam
– 1 lembar daun pandan

Cara Membuat

Pertama-tama, silakan siapkan loyang. Lalu permukaannya alasi dengan menggunakan plastik. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya ambil wadah. Lalu masukan aneka bahan-bahan untuk selendang mayang. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.

Jika sudah, silakan adonan bagi menjadi 3 bagian. Untuk satu bagian adonan tambahkan perwarna hijau, lalu satu bagian adonan lainnya tambahkan pewarna makanan merah dan untuk bagian lainnya biarkan berwarna putih.

Untuk adonan berwarna merah silakan masak dengan menggunakan api kecil sambil aduk terus menerus sampai meletup-letup, serta adonan terlihat bening. Jika sudah seperti itu, silakan tuangkan pada loyang. Lalu sisihkan.

Adonan berwarna putih silakan masak dengan menggunakan api kecil sambil aduk terus sampai meletup-letup, serta adonan terlihat bening. Lalu silakan tuangkan adonan atas loyang atau atas adonan berwarna merah tadi. Sisihkan terlebih dahulu.

Adonan berwarna hijau juga masak dengan menggunakan api kecil sambil aduk terus menerus sampai meletup-letup dan adonan menjadj bening. Lalu tuangkan adonan berwarna hijau ini atas adonan berwarna putih tadi. Sisihkan dan tunggu beberapa saat hingga mengeras.

Siapkan panci. Lalu masukan semua bahan-bahan kuah santan ke dalamnya. Lalu masak bahan-bahan tersebut sampai mendidih sambil aduk terus menerus. Jika sudah seperti itu, kamu bisa mengangkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Selendang mayang yang sudah mengeras silakan keluarkan dari dalam loyang. Lalu bisa potong-potong kotak dengan ukuran sesuai selera. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *