Risol Bihun Lengkap dengan Sambal Kacang

Risol Bihun

LAMANRIAU.COM – Risol bihun merupakan salah satu takjil favorit banyak orang saat berbuka puasa. Gorengan yang memiliki tekstur renyah ini paling enak disajikan dengan sambal kacang.

Sesuai dengan namanya, risol berbentuk lonjong yang memiliki isian bihun. Risol juga bisa diisi dengan bahan lainnya, seperti wortel, kentang, dan daging. Kamu bisa menyantap risol dengan cabai rawit hijau atau sambal kacang. Bisa disesuaikan selera.

Baca : Resep Es Selendang Mayang untuk Takjil

Kali ini, jika penasaran mencicipi, bisa membuat dengan bahan sederhana dan mudah untuk berbuka puasa. Rasanya gurih dan mantap.

Bahan

– 15 pcs kulit lumpia
– 1 pack bihun 1/2 pcs wortel
– Garam
– Lada
– Kaldu jamur
– Minyak

Bumbu Halus

– 6 pcs bawang merah
– 2 pcs bawang putih
– 2 pcs kemiri

Sambal Kacang

– 50 gr kacang tanah goreng
– 1 pcs cabai merah keriting
– 4 pcs cabai rawit
– 100 ml air
– Garam
– Gula
– Kaldu jamur

Cara Membuat

Rendam bihun dengan air panas, diamkan sebentar sampai lunak, tiriskan. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan wortel dan bihun, tumis sampai merata. Tambahkan seasoning, aduk rata lalu sisihkan.

Masukkan isian bihun ke dalam kulit lumpia, gulung lalu rekatkan pinggiran kulit dengan larutan tepung terigu dan air. Lakukan step ini hingga isian habis.

Goreng risol hingga kecoklatan, angkat lalu tiriskan. Chopper semua bahan sambal kacang, panaskan dalam wajan dengan air, tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Masak hingga mendidih, sajikan dengan risol bihun. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *